Prosesi timbangan yang dijalani Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu (Instagram @bobbynst) Prosesi timbangan yang dijalani Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu (Instagram @bobbynst)
Rabu, 15 November 2017 13:15 WIB Peristiwa Share :

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI
3 Kerbau akan Disembelih dalam Resepsi Kahiyang-Bobby di Medan

Resepsi kedua Kahiyang-Bobby akan dilaksanakan di Medan, 24-25 November 2017.

Solopos.com, MEDAN — Resepsi Ngunduh Mantu Muhammad Bobby Afif Nasution dengan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, akan dilaksanakan di rumah keluarga besar Bobby Nasution di Kompleks Perumahan Bumi Hijau Regency, Setiabudi, Medan, 24-25 Nopember 2017 mendatang.

Seperti dikutip dari Okezone, Rabu (15/11/2017), resepsi pernikahan kedua itu rencananya berlangsung dengan adat Mandailing Tapanuli Selatan. Layaknya resepsi adat Mandailing Tapanuli Selatan lainnya, resepsi Bobby-Kahiyang juga bakal dilengkapi dengan penyembelihan kerbau untuk kebutuhan upacara adat.

Paman Bobby Nasution, Erwan Nasution, Selasa (14/11/2017), mengatakan setidaknya tiga ekor kerbau akan disembelih dalam upacara tersebut. “Akan ada kerbau dari perwakilan marga-marga. Tapi jumlah totalnya kita belum tahu. Yang pasti akan ada kerbau dari keluarga Nasution, keluarga Siregar, dan keluarga Hasibuan,”ujar dia.

Dia menambahkan resepsi pernikahan Bobby-Kahiyang juga akan menampilkan etnis-etnis yang ada di Sumatra Utara. (baca: Donald Trump Ucapkan Selamata Atas Pernikahan Kahiyang-Bobby)

“Kita juga mengundang raja-raja dan tokoh adat dari etnis-etnis yang ada di Medan. Kebudayaan mereka juga akan ditampilkan nanti. Ini bisa disebut sebagai resepsi kebudayaan,” ungkap Erwan Nasution.

Menurut Erwan Nasution, sekitar 2.500 orang tamu telah diundang untuk menghadiri resepsi Kahiyang-Bobby di Medan.

“Sekitar 2.000-2.500 orang yang diundang. Mulai dari keluarga dari Tapanuli Selatan, Medan dan Jakarta. Termasuk juga relawan Pak Jokowi dari Medan dan sejumlah daerah di Sumatera,” ujar Erwan saat ditemui wartawan di Media Center Resepsi Bobby-Kahiyang di Kompleks Pertokoan OCBC Ringroad, Jalan Gagak Hitam, Medan, Selasa.

Erwan menyebutkan, untuk undangan dari keluarga Presiden Jokowi dari Solo, diperkirakan akan hadir 100 orang. “Termasuk Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana,” tukasnya. (baca pula: Album Foto Pernikahan Kahiyang-Bobby)

Erwan Nasution menyebutkan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu dijadwalkan tiba di Medan pada 19 Nopember 2017 mendatang. Mereka bakal disambut dengan kegiatan “Menyantani”, sebuah ritual penyambutan ala Tapanuli Selatan.

“Setelah itu pada tanggal 21 November akan ada penabalan marga Siregar kepada Kahiyang. Lalu resepsi adat dan resepsi umum pada 24-26 Nopember,” ungpa Erwan Nasution.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…