Rabu, 15 November 2017 10:20 WIB Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Pemerintah Siapkan Arsitektur Khas Kulonprogo, Untuk Apa?

Kulonprogo akan menjadi pintu masuk utama bagi DIY seiring dengan hadirnya New Yogyakarta International Airport

Solopos.com, KULONPROGO-Pemkab Kulonprogo tengah menyiapkan desain bangunan khas Kulonprogo. Hal tersebut diharapkan mendukung upaya pelestarian budaya, khususnya di bidang arsitektur.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Selasa (14/11/2017). “Dinas Kebudayaan sudah melombakan bagaimana bangunan untuk rumah, kantor, gardu, pagar, gapura, sampai bagaimana jemabatan yang bisa menjadi ciri khas Kulonprogo yang tidak lepas dari Jogja istimewa,” kata Hasto.

Hasto memaparkan, pihaknya baru saja mengekspos beberapa nominasi desain terbaik kepada beberapa seniman dan budayawan. Dia berusaha mendapatkan masukan dan penilaian secara objektif mengenai desain mana yang paling tepat ditetapkan sebagai ciri khas Kulonprogo.

“Setelah ini akan dilakukan analisa oleh tim khusus untuk mengambil suatu corak yang bisa kita terapkan dan dituangkan dalam peraturan bupati juga,” ujar dia.

Sementara itu, seorang seniman asal Jogja Ong Hari Wahyu mengatakan, Kulonprogo akan menjadi pintu masuk utama bagi DIY seiring dengan hadirnya New Yogyakarta International Airport (NYIA). “Kulonprogo harus menjadi sebuah daerah yang bagus, menarik, tapi masih menjunjung tinggi kearifan lokal, baik arsitektur maupun kehidupan budayanya,” ungkap dia.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…