Jogja
Rabu, 15 November 2017 - 10:20 WIB

Pemerintah Siapkan Arsitektur Khas Kulonprogo, Untuk Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kulonprogo akan menjadi pintu masuk utama bagi DIY seiring dengan hadirnya New Yogyakarta International Airport

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemkab Kulonprogo tengah menyiapkan desain bangunan khas Kulonprogo. Hal tersebut diharapkan mendukung upaya pelestarian budaya, khususnya di bidang arsitektur.

Advertisement

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Selasa (14/11/2017). “Dinas Kebudayaan sudah melombakan bagaimana bangunan untuk rumah, kantor, gardu, pagar, gapura, sampai bagaimana jemabatan yang bisa menjadi ciri khas Kulonprogo yang tidak lepas dari Jogja istimewa,” kata Hasto.

Hasto memaparkan, pihaknya baru saja mengekspos beberapa nominasi desain terbaik kepada beberapa seniman dan budayawan. Dia berusaha mendapatkan masukan dan penilaian secara objektif mengenai desain mana yang paling tepat ditetapkan sebagai ciri khas Kulonprogo.

“Setelah ini akan dilakukan analisa oleh tim khusus untuk mengambil suatu corak yang bisa kita terapkan dan dituangkan dalam peraturan bupati juga,” ujar dia.

Advertisement

Sementara itu, seorang seniman asal Jogja Ong Hari Wahyu mengatakan, Kulonprogo akan menjadi pintu masuk utama bagi DIY seiring dengan hadirnya New Yogyakarta International Airport (NYIA). “Kulonprogo harus menjadi sebuah daerah yang bagus, menarik, tapi masih menjunjung tinggi kearifan lokal, baik arsitektur maupun kehidupan budayanya,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif