Jogja
Rabu, 15 November 2017 - 18:55 WIB

Pembebasan Lahan Belum Beres, Puluhan Hektare Bandara Kulonprogo Belum Digarap

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rombongan Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meninjau progres pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di wilayah Desa Palihan, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Selasa (14/11/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Puluhan ha lahan Bandara Kulonprogo belum bisa digarap karena terkendala pembebasan lahan dan masih dalam proses konsinyasi.

Harianjogja.com, KULONPROGO- Airport Facility Non Terminal Section Head Project Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) PT Angkasa Pura I, Gani Wijaya mengatakan, pembersihan lahan dilaporkan sudah menjangkau 419 hektare (ha) dari total seluas 587 ha.

Advertisement

Masih tersisa puluhan ha yang belum bisa digarap karena terkendala pembebasan lahan dan masih dalam proses konsinyasi. “Targetnya bulan November ini selesai semuanya [konsinyasi],” ungkap Gani, Selasa (14/11/2017).

Pembersihan lahan atau land clearing sendiri ditargetkan selesai Desember 2017. Pihaknya saat ini mengoptimalkan pengerjaan pada area yang sudah beres pembebasan lahannya terlebih dahulu. Mereka kemudian secara bertahap akan beranjak pada lahan milik warga yang ganti ruginya sudah diselesaikan melalui konsinyasi.

Sementara itu, Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba juga berharap persoalan terkait pembebasan lahan pada megarproyek NYIA segera terselesaikan. Walau demikian, pendekatan persuasif terhadap warga terdampak pemilik lahan harus tetap diutamakan.

Advertisement

“Ini proyek strategis nasional yang kita harapkan dalam dua tahun bisa selesai. Biar bagaimanapun, airport yang sekarang ini [Bandara Adisucipto] sudah tidak layak lagi karena banyak yang [penerbangan] sampai tertunda,” ucap dia.

Parlindungan Purba pun berharap pembangunan NYIA berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Pihaknya mendorong PT Angkasa Pura I selalu bersinergi dengan Pemda DIY dan Pemkab Kulonprogo dalam upaya percepatan pembangunan bandara internasional yang dipercaya bakal mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat itu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif