Rombongan Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meninjau progres pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di wilayah Desa Palihan, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Selasa (14/11/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja) Rombongan Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meninjau progres pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di wilayah Desa Palihan, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Selasa (14/11/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 15 November 2017 18:55 WIB Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Pembebasan Lahan Belum Beres, Puluhan Hektare Bandara Kulonprogo Belum Digarap

Puluhan ha lahan Bandara Kulonprogo belum bisa digarap karena terkendala pembebasan lahan dan masih dalam proses konsinyasi.

Solopos.com, KULONPROGO- Airport Facility Non Terminal Section Head Project Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) PT Angkasa Pura I, Gani Wijaya mengatakan, pembersihan lahan dilaporkan sudah menjangkau 419 hektare (ha) dari total seluas 587 ha.

Masih tersisa puluhan ha yang belum bisa digarap karena terkendala pembebasan lahan dan masih dalam proses konsinyasi. “Targetnya bulan November ini selesai semuanya [konsinyasi],” ungkap Gani, Selasa (14/11/2017).

Pembersihan lahan atau land clearing sendiri ditargetkan selesai Desember 2017. Pihaknya saat ini mengoptimalkan pengerjaan pada area yang sudah beres pembebasan lahannya terlebih dahulu. Mereka kemudian secara bertahap akan beranjak pada lahan milik warga yang ganti ruginya sudah diselesaikan melalui konsinyasi.

Sementara itu, Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba juga berharap persoalan terkait pembebasan lahan pada megarproyek NYIA segera terselesaikan. Walau demikian, pendekatan persuasif terhadap warga terdampak pemilik lahan harus tetap diutamakan.

“Ini proyek strategis nasional yang kita harapkan dalam dua tahun bisa selesai. Biar bagaimanapun, airport yang sekarang ini [Bandara Adisucipto] sudah tidak layak lagi karena banyak yang [penerbangan] sampai tertunda,” ucap dia.

Parlindungan Purba pun berharap pembangunan NYIA berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Pihaknya mendorong PT Angkasa Pura I selalu bersinergi dengan Pemda DIY dan Pemkab Kulonprogo dalam upaya percepatan pembangunan bandara internasional yang dipercaya bakal mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat itu.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…