Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)
Rabu, 15 November 2017 16:35 WIB Akhmad Ludiyanto/JIBI/Solopos Boyolali Share :

Longsor saat Hujan Deras Rusak 2 Rumah Warga Selo Boyolali

Dua rumah rusak akibat longsor saat hujan deras dalam dua hari terakhir di Boyolali.

Solopos.com, BOYOLALI — Hujan deras yang mengguyur wilayah Boyolali, Senin (13/11/2017) dan Selasa (14/11/2017) menyebabkan dua rumah di dua lokasi berbeda di Boyolali rusak.

Hujan pada Senin menyebabkan tanah longsor di Dukuh Gesikan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo. Material longsoran mengenai rumah milik Waginem, 45, warga setempat.

Camat Selo Jarot Purnama, Rabu (14/11/2017), mengatakan longsor menimpa bagian dapur dan kandang ternak. Beruntung Waginem dan anggota keluarganya berhasil menyelamatkan diri saat longsor menimpa rumahnya.

“Kami bersyukur longsor tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Semua penghuni rumah selamat,” ujarnya di Boyolali.

Sehari setelahnya atau Selasa, hujan deras kembali mengguyur wilayah Boyolali. Kali ini hujan menyebabkan rumah milik Marto Darman, 84 tahun, Jatimulyo Desa Jatirejo, Kecamatan Sawit, roboh.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Triyono, 37 salah satu tetangga korban mengungkapkan saat itu dia baru pulang dari tempat kerjanya di Kartasura, Sukoharjo. Dia mendengar suara gemuruh dari arah rumah tetangganya itu.

Setelah dicek ternyata suara gemuruh tersebut berasal dari rumah korban yang roboh. Selanjutnya, dia menghubungi tetangga lain untuk membantu mengevakuasi Marto yang ditemukan dalam keadaan selamat.

Rumah berukuran 5 meter x 12 meter itu berdinding batu bata, genting tanah, serta rangka atap terbuat dari bambu dan kayu. Diduga bangunan itu roboh karena sudah tua dan tidak terawat.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…