Peresmian KPK Corner oleh Saut Situmorang, Rabu (15/11/17) di Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. (Birgita Olimphia Nelsye/Harian Jogja) Peresmian KPK Corner oleh Saut Situmorang, Rabu (15/11/17) di Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. (Birgita Olimphia Nelsye/Harian Jogja)
Rabu, 15 November 2017 16:20 WIB M104/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

KPK Resmikan KPK Corner di UAJY

Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meluncurkan KPK corner

Solopos.com, JOGJA-Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meluncurkan KPK corner di lantai basement perpustakaan.

Peluncuran berlangsung di gedung Theresa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) pada Rabu (15/11/17), pukul 13.00 WIB. Acara ini merupakan bentuk kerja sama yang dibangun antara UAJY dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Perjanjian kerja sama antara UAJY dengan KPK sudah terjalin sejak 2013, yang telah diisi oleh berbagai kegiatan antara lain kegiatan kepustakaan UAJY yang selama ini aktif bersama dengan perpustakaan KPK untuk terus-menerus menyegarkan informasi dan pengetahuan dalam mendukung program penindakan dan pencegahan korupsi.

KPK corner diharapkan akan semakin mendorong kegiatan pembelajaran, penelitian, dan kajian mengenai korupsi.

Rektor UAJY Gregorius Sri Nurhatanto mengungkapkan sebuah kehhormatan besar bagi UAJY karena pihak KPK berkenan membuka dan meresmikan KPK corner.

“Tentu ini membanggakan sekaligus menjadi tantangan bagi universitas untuk terus mengobarkan semangat kepada anak-anak didik kami untuk terlibat dalam upaya-upaya mengurangi korupsi di Indonesia,” ujar dia.

Pihaknya mengatakan, sejak dini kampus menanamkan nilai-nilai keungulan, inklusif, humanis, dan berintegritas bagi setiap mahasiswa. Ini tentunya juga berlaku bagi komunitas UAJY baik tenaga dosen dan tenaga pendidikan.

“Kami tidak sungkan-sungkan membatalkan kelulusan, mencabut ijazah, mengeluarkan pegawai yang menyalahgunakan kewenangan. Ini akan terus kami lakukan sampai kapan pun,” ujarnya.

Melalui KPK corner, pihaknya berharap akan terus menyebarkan nilai-nilai kejujuran dan keutamaan, serta bisa terus mendukung KPK.

Saut Situmorang selaku Ketua KPK beranggapan, KPK corner merupakan batu pertama bagi mahasiswa untuk membangun integritasnya dalam rangka membangun negeri ini. Saut menambahkan, akan lebih menarik jika mahasiswa dibekali sejumlah literatur dan pengalaman.

Terutama pengalaman dari mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto yang dituliskan ke dalam sebuah buku. Dalam acara ini, buku karya Bambang yang berjudul ‘Kriminalisasi Membungkam Suara Rakyat’ juga ikut ditempatkan di rak buku KPK corner.

Pihaknya menambahkan, peresmian KPK corner ini merupakan suatu pemikiran yang akan diaplikasikan dalam kinerja KPK. “KPK corner sejalan dengan program sertifikasi yang saat ini tengah kami lakukan. Melalui KPK corner, diharapkan dapat mencari kader-kader muda untuk mencari teman-teman yang tertarik dan memiliki kompetensi untuk berbicara tentang korupsi,” imbuh dia.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…