News
Rabu, 15 November 2017 - 08:00 WIB

Festival Media AJI 2017, Banjir Acara Kopdar Blogger Hingga Workshop Presenter

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua AJI Indonesia, Suwarjono (tengah) didampingi Ketua Fesmed 2017, Adib M Asfar (kiri) dan panitia Ichwan Prasetyo memberikan penjelasan rangkaian acara Fesmed AJI 2017, Selasa (14/11/2017). (Istimewa/Panitia Fesmed 2017)

Festival Media Aji digelar 23-24 November 2017.

Solopos.com, SOLO —Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) 2017 yang bakal digelar di Grha Soloraya Bakorwil Surakarta, Kamis-Jumat (23-24/11/2017), menawarkan beragam acara mulai dari pameran hingga workshop.

Advertisement

Fesmed AJI 2017 yang mengusung tema Jurnalisme Damai, Jurnalisme Keberagaman ini diikuti oleh ratusan jurnalis dari Aceh hingga Papua. (Baca: Solo Jadi Tuan Rumah Kongres AJI)

Ketua Fesmed AJI 2017, Adib Muttaqin Asfar, mengatakan melalui kegiatan ini, AJI ingin memberikan ruang bagi jurnalis pengelola media massa baik cetak, online, televisi, radio, media komunitas maupun kalangan pemangku kepentingan media untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Advertisement

Ketua Fesmed AJI 2017, Adib Muttaqin Asfar, mengatakan melalui kegiatan ini, AJI ingin memberikan ruang bagi jurnalis pengelola media massa baik cetak, online, televisi, radio, media komunitas maupun kalangan pemangku kepentingan media untuk berinteraksi dengan masyarakat.

“Acara yang digelar selama dua hari ini menyuguhkan 18 workshop dengan berbagai tema. Agenda diawali dengan kopi darat bersama Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudi Antara, hingga beragam workshop seperti menjadi presenter sampai melawan hoax serta bijak menggunakan media sosial,” paparnya, dalam konferensi pers, di The Sunan Hotel Solo, Selasa (14/11).

Di hari pertama, Kamis (24/11), Anchor news Cable News Network (CNN) Indonesia, Eva Yunizar, siap memberikan materi menarik mengenai bagaimana menjadi presenter.

Advertisement

Di sisi lain, keberadaan media sosial yang tidak terkontrol banyak memperuncing persoalan. Melalui Medsos, orang dengan mudah menyebarkan berita dari situs-situs tertentu tanpa terkonfirmasi kebenaran informasi di dalamnya.

Secara etik, media massa punya tanggung jawab besar dalam menjaga keharmonisan masyarakat. Masalahnya, media mainstream pun ikut mencari jalan pintas menjadikan media sosial sebagai sumber berita tanpa proses verifikasi yang cukup.

“Melalui Fesmed ini, kami mengajak masyarakat untuk kian bijak bersikap terutama dalam aktualisasi di Medsos. Maka dari itu, ada workshop khusus untuk menanggulangi hal-hal tersebut,” imbuhnya.

Advertisement

Ada workshop mengenai penggunaan Facebook untuk penyebaran dan peliputan berita, workshop melawan hoax hingga social media hack. Selain itu, ada seminar yang mengetengahkan jurnalisme vs hoax sampai workshopinternet aman (petunjuk dan tools bagi keluarga).

Panitia Fesmed, Ichwan Prasetyo, menambahkan Fesmed ini sekaligus menjadi ruang untuk rekan-rekan AJI dari seluruh Indonesia memamerkan kondisi pers di daerah masing-masing.

“Setiap daerah tentunya rekan-rekan jurnalis mengalami kondisi yang berbeda-beda,” imbuhnya.

Advertisement

Di samping itu, Fesmed AJI 2017 ini akan diawali dengan dua rangkaian acara yang digelar di dua kampus, yakni Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Sebelas Maret (UNS), Selasa-Rabu (21-22/11).

Di UMS ada dua agenda, workshop monetize media online dan science journalism, sementara di UNS bakal diadakan lecturing science communication, dan kuliah umum jurnalisme data.  Untuk informasi lebih jelas ada di Fesmed.aji.or.id/2017.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif