Jogja
Rabu, 15 November 2017 - 13:20 WIB

Antisipasi Longsor, Ini yang Dilakukan Lurah Terban

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi longsor (JIBI/Dok)

Ada lima kepala keluarga yang terancam longsor susulan

Harianjogja.com, JOGJA-Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, sudah menyiapkan tempat pengungsian sementara untuk warga yang tinggal di bawah tebing rawan longor di wilayah RT 02 RW 01, Kampung Terban. Lokasi pengusngian di Balai RW setempat.

Advertisement

Lurah Terban Anif Luhur Kurniawan mencatat, ada lima kepala keluarga yang terancam longsor susulan di lokasi bekas longsor awal tahun lalu. “Kami sudah minta jika terjadi hujan deras terus-menerus supaya mengungsi ke Balai RW,” kata dia saat dihubungi Selasa (14/11/2017).

Anif mengaku tebing yang longsor pada Maret lalu itu hingga kini belum diperbaiki sehingga kondisinya sangat membahayakan jika tertimpa hujan terus menerus. Untuk meminimalkan korban jiwa jika terjadi bencana, pihaknya juga sudah membentuk kampung tangguh bencana (KTB) di wilayah RW 01. Kader KTB pun sudah dilatih dalam menangani bencana sesuai prosedur, termasuk bagaimana bertindak jika terjadi bencana.

Sementar itu, Jumadi Yanto, salah seorang warga yang rumahnya berada tepat di bawah tebing bekas longsor Terban mengakui belum ada permintaah untuk mengungsi segera dari kelurahan, melainkan baru imbauan. Sampai kemarin ia bersama warga lainnya masih tetap bertahan tinggal di rumah. “Kalau mengungsi siapa yang bertanggung jawab kebutuhan kami sehari-hari,” kata dia.

Advertisement

Ia menyadari ancaman bahaya longsor susulan dari atas tebing rumahnya. Namun, ia tidak memiliki pilihan tempat tinggal lain, kecuali bertahan. Jumadi akan mematuhi instruksi pemerintah termasuk permintaan mengungsi jika sudah ada jaminan.

Sejauh ini Jumadi mengaku belum ada longsor susulan seja beberapa bulan terakhir. Longsor susulan yang dia rasakan saat awal musim hujan lalu, tetapi hanya material batu-batu kecil disertai tanah yang jatuh dari atas tebing.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif