Gianluigi Buffon setelah Italia kalah agregat dari Swedia, 13 November 2017. (JIBI/Reuters/Alessandro Garofalo) Gianluigi Buffon setelah Italia kalah agregat dari Swedia, 13 November 2017. (JIBI/Reuters/Alessandro Garofalo)
Selasa, 14 November 2017 09:32 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

PLAYOFF PIALA DUNIA
Ditahan Imbang Swedia, Italia Gagal Lolos

Kegagalan ini juga menjadikan akhir karier memilukan kapten Gianlugi Buffon bersama Azzurri.

Solopos.com, MILAN – Juara dunia empat kali Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Hal itu terjadi lantaran tim berjuluk Azzurri ini hanya bermain 0-0 pada laga leg kedua play-off Piala Dunia 2018 Zona Eropa di Stadion San Siro Milan, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB.

Italia gagal lolos karena kalah dengan agregat 0-1 dari Swedia. Itu karena Gianluigi Buffon dkk. menelan kekalahan 0-1 pada leg pertama play-off di Swedia, Sabtu (11/11) WIB.

Kali terakhir Italia gagal lolos ke turnamen sepak bola terakbar di dunia itu yakni pada Piala Dunia 1958 alias 59 tahun silam. Kegagalan ini juga menjadikan akhir karier memilukan kapten Gianlugi Buffon bersama Azzurri. Penjaga gawang berusia 40 tahun itu sejak awal berniat pensiun dari panggung internasional setelah kampanye Piala Dunia 2018.

“Saya tidak sedih karena diri saya,  amin semua untuk sepak bola Italia. Kami gagal untuk meraih sesuatu yang sangat berarti di level sosial. Ada penyesalan mengakhirinya dengan cara seperti ini,” ujar Buffon, seperti dilansir Twitter resmi Federasi Sepak Bola Italia, Selasa.

Sementara pelatih Gian Piero Ventura tinggal menunggu waktu untuk ditendang dari jabatannya. Ventura yang menggantikan Antonio Conte setelah Euro 2016 itu gagal memenuhi ekspektasi pendukung Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Kebijakan Ventura memilih strategi sebenarnya sudah menuai kritik sejak Italia kalah dari Spanyol pada kualifikasi zona Eropa lalu.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya di San Siro, Italia gagal mencetak satu gol pun meski berkali-kali menggencarkan serangan. Di antaranya melalui striker Ciro Immobile dan Stephan El Sharaawy.

Serangan Italia yang menonton dari sayap dengan mudah dibaca barisan pertahanan Swedia. Apalagi, Blagult, julukan Swedia, lebih berkonsentrasi menjaga pertahanan setelah mengantongi kemenangan 1-0 pada leg pertama play-off. Swedia memilih hanya melalukan segelintir serangan balik.

Italia menyusul tim favorit lainnya, Belanda, yang gagal tampil di Piala Dunia 2018. Dalam catatan ESPN, dari 20 kali kualifikasi Piala Dunia, Italia berhasil 18 kali lolos ke turnamen sepak bola antarnegara paling prestisius di muka bumi tersebut. Artinya hanya dua kali Azzurri tidak bisa tampil di Piala Dunia.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…