Rektor UII Nandang Sutrisna. (Harian Jogja/Sunartono) Rektor UII Nandang Sutrisna. (Harian Jogja/Sunartono)
Selasa, 14 November 2017 09:20 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Perguruan Tinggi Harus Berinovasi

Mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan pemikiran solutif melalui inovasi yang bermanfaat

Solopos.com, SLEMAN-Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan berbagai cara untuk menyiapkan mahasiswa menjadi seorang lulusan yang siap dan tanggap terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat. Selain itu mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan pemikiran solutif melalui inovasi yang bermanfaat.

Rektor UII Nandang Sutrisna menjelaskan, UII terus melakukan inovasi dengan memberikan banyak ruang kreativitas bagi mahasiswa dan dosen. Belum lama ini UII menggelar kegiatan Open Days 2017 yang didalamnya digelar pula Open House yang ditujukan untuk industri dan UII Open Day and Inovation Expo (ODIEX) 2017.

Kegiatan tersebut diisi dengan rangkaian Innovation Expo dengan menyediakan beberapa stand setiap perwakilan Fakultas di UII untuk menampilkan hasil karya inovasi unggulannya. “Dalam kegiatan itu juga memberikan tuang unit kegiatan mahasiswa untuk menampilkan potensi-potensi unggulan mahasiswa UII, menampilkan berbagai inovasi,” ungkapnya belum lama ini.

Beberapa panggung insipirasi banyak menampilkan keunggulan mahasiswa dan dosen UII. Tidak hanya bidang teknologi informasi namun juga seni budaya diberikan ruang seluas-luasnya untuk berkembang.

Nandang sepakat perguruan tinggi harus mampu melahirkan inovasi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga acara semacam itu diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk menimba inspirasi sekaligus melihat langsung perkembangan ilmu pengetahuan yang tengah diupayakan oleh UII.

Ia menambahkan, kegiatan open house dilakukan untuk menjalin kerja sama dengan dunia industri. Harapannya, dapat menaikkan peran UII dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui industrialisasi dan hilirisasi dalam pengetahuan teknologi.

“Dalam open day itu kami melakukan penandatangan kerjasama UII dengan empat perusahaan industri. Dilanjutkan dengan kunjungan peserta ke beberapa Laboratorium terutama di laboratorium UII yang telah berstandar ISO 17025 sebagai fasilitas untuk kerjasama industri,” ungkap dia.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…