Selasa, 14 November 2017 15:55 WIB Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Penyakit Tidak Menular Menjadi Ancaman Baru

Telah terjadi pergeseran penyebab kematian

Solopos.com, BANTUL-Permasalahan kesehatan di Bantul alami pergeseran dari penyakit menular ke penyakit tidak menular.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dimas Kesehatan, Bantul, Bambang Agus Subekti mengatakan, telah terjadi pergeseran penyebab kematian. “Dulu masyarakat meninggal karena penyakit menular, sekarang ke penyakit tidak menular,” kata dia, Senin (13/11/2017).

Dia memberi contoh penyakit-penyakit tidak menular yang saat ini sangat berbahaya hingga bisa menyebabkan meninggal seperti Gula darah, stroke, kanker, berbeda dengan dulu. Bambang menilai penyebab penyakit tersebut karena kebiasaan hidup tidak sehat masyarakat. “Untuk mencegahnya coba dicanangkan gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat,” katanya.

Beberapa di antaranya yaitu gerakan fisik selama 30 menit, lalu membiasakan makan sayur dan buah, cek kesehatan secara rutin mulai dari gula darah, kolesterol setiap enam bulan sekali.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…