Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, berfoto dengan warga setelah menghadiri acara pembagian KIS kepada warga tidak mampu di Pendapa Kantor Kelurahan Manahan Solo, Selasa (14/11/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos) Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, berfoto dengan warga setelah menghadiri acara pembagian KIS kepada warga tidak mampu di Pendapa Kantor Kelurahan Manahan Solo, Selasa (14/11/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)
Selasa, 14 November 2017 13:15 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

PASAR TRADISIONAL SOLO
Lelang Pembangungan Pasar Klewer Timur Gagal Lagi, Rudy Temui Mendag

Pasar tradisional Solo yakni Pasar Klewer Timur belum pasti kapan akan dibangun.

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo berencana menemui Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, pada Kamis (16/11/2017), guna meminta Mendag mengeluarkan kebijakan khusus mengenai agenda pembangunan Pasar Klewer Timur.

Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo, bakal mengusulkan kepada Mendag agar memperbolehkan pembangunan Pasar Klewer Timur dikerjakan multiyears. Dengan begitu, akan tersedia lebih banyak waktu untuk rekanan membangun pasar tersebut.

“Siapa bilang tidak bisa multiyears? Semua kebijakan ada pada Menteri Perdagangan. Nah Nanti saya ngurus ke Menteri Perdagangan. Kamis ini saya akan ke sana [menemui Mendag],” kata Rudy saat ditanya soal langkah yang akan diambil Pemkot setelah lelang proyek pembangunan Pasar Klewer Timur kembali gagal untuk kali kedua, Selasa (14/11/2017).

Rudy yakin Mendag bakal merespons baik usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tersebut. Wali Kota akan menjelaskan kepada Mendag terkait persoalan yang terjadi di lapangan dalam agenda pembangunan pasar tekstil tersebut.

“Surat pemberitahuan resmi terkait proses lelang sudah kami kirim ke Kemendag, tapi belum ada petunjuk dari pusat. Tapi besok ini saya mau menemui langsung Menteri Perdagangan,” kata Rudy setelah menghadiri acara pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada warga tidak mampu di Pendapa Kantor Kelurahan Manahan, Selasa.

Rudy menginginkan proyek pembangunan Pasar Klewer Timur bisa mulai dikerjakan pada tahun ini. Pemkot akan mengupayakan agar pasar tersebut bisa segera dibangun agar pedagang juga tidak perlu berama-lama berjualan di pasar darurat.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Subagiyo, sebelumnya menuturkan beberapa waktu lalu Wali Kota Solo telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Kemendag terkait proses lelang proyek pembangunanPasar Klewer Timur yang selalu gagal.

”Kami kan hanya berusaha minta, kalau dikasih tahun ini alhamdulillah, dikasih tahun depan ya tidak masalah,” tutur Subagiyo.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…