Ilustrasi teh celup (wikipedia.org) Ilustrasi teh celup (wikipedia.org)
Selasa, 14 November 2017 20:45 WIB Fokus Share :

Jangan Buang Teh Celup Bekas!

Teh celup bekas bisa dimanfaatkan lagi.

Solopos.com, SOLO – Sering menikmati teh celup? Jangan membuang teh celup yang telah terpakai. Dengan mempraktikan beberapa cara sederhana, Anda bisa memanfaatkan kembali teh celup bekas.

Dilansir Times of India seperti dikutip Antara, Selasa (14/11/2017), berikut 10 manfaat teh celup bekas:

1. Menambah rasa pasta

Bila Anda berencana membuat pasta, coba celupkan kantong teh saat air mendidih. Keluarkan kantong teh celup sebelum memasukkan pasta agar rasanya meresap ke dalam pasta.

2. Bercocok tanam

Kantong teh celup juga air teh bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Teh akan melindungi tanaman dari infeksi jamur. Anda juga bisa membuka kantung teh celup, lalu mencampurkan daun teh dengan lapisan atas tanah untuk membuatnya lebih subur.

3. Menghilangkan bau pada sepatu

Cegah bau pada sepatu dengan memasukkan kantong teh celup bekas yang kering. Teh akan menyerap bau tak sedap dalam sepatu.

4. Menghilangkan bau pada karpet

Kantong teh celup juga bermanfaat menghilangkan bau tak sedap pada karpet dan keset. Basahi kantong teh dengan air hangat, robek kantongnya, lalu ratakan daun teh yang lembab ke karpet atau keset. Biarkan hingga daun mengering, lalu sedot dengan penyedot debu. Bila ingin lebih wangi, Anda bisa pilih teh dengan rasa lemon atau mint.

5. Pembersih kaca

Salah satu benda yang paling sulit dibersihkan di rumah adalah kaca jendela atau pintu. Yang harus Anda lakukan adalah merebus lagi kantong teh itu, lalu gunakan airnya untuk membersihkan kaca.

6. Pedikur

Teh bisa menghilangkan kulit mati dan antioksidan bisa membantu peremajaan kulit. Pakai teh untuk merawat kaki yang lelah, apalagi bila seharian Anda memakai sepatu hak tinggi. Teh akan membantu melemaskan otot dan menghilangkan nyeri atau bengkak pada kaki.

7. Kondisioner rambut

Gunakan air teh untuk kondisioner rambut agar mahkota Anda berkilau.

8. Menghilangkan lemak pada cucian kotor

Lemak dan minyak yang menempel pada piring kotor bisa mudah dihilangkan dengan kantong teh celup bekas. Celupkan teh ke air hangat selama beberapa waktu, lalu gunakan air itu untuk mencuci piring.

9. Mandi dengan air antioksidan

Daun teh adalah sumber antioksidan yang membantu meremajakan kulit. Celupkan kantong teh ke bak mandi, air teh akan menghilangkan bau badan tak sedap dan kulit mati.

10. Penyegar ruangan

Teteskan sedikit minyak esensial favorit Anda pada kantong teh celup bekas, lalu gantungkan di mana pun Anda mau, baik itu di rumah, kantor atau mobil.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…