51 Panwascam dari 17 kecamatan di Kabupaten Bantul dilantik dan diambil sumpahnya di KJ Hotel, Jalan Parangtritis, Kecamatan Sewon, Selasa (14/11/2017). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja) 51 Panwascam dari 17 kecamatan di Kabupaten Bantul dilantik dan diambil sumpahnya di KJ Hotel, Jalan Parangtritis, Kecamatan Sewon, Selasa (14/11/2017). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja)
Selasa, 14 November 2017 19:55 WIB Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

51 Panwascam Bantul Dilantik, Ini Tugas yang Sudah Menanti

Sebanyak 51 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di wilayah Bantul dilantik

Solopos.com, BANTUL- Sebanyak 51 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di wilayah Bantul dilantik, Selasa (14/11/2017).

Usai dilantik mereka akan mengikuti bimbingan teknis selama tiga hari sebagai persiapan bertugas di lapangan.

Kepala Panwaslu Bantul, Supardi mengungkapkan setelah resmi dilantik tugas pertama yang akan dilakukan Panwascam adalah membantu KPU untuk melakukan verifikasi faktual di lapangan.

Hal itu untuk meneliti data-data janggal anggota parpol yang ditemukan oleh KPU pada saat tahapan penelitian administrasi. Bahkan menurutnya, Panwaslu dapat melakukan verifikasi mandiri tanpa harus menunggu tim dari KPU.

Dalam tahap klarifikasi, Supardi mengaku telah menangani beberapa temuan. Diantaranya daftar keanggotaan ganda eksternal dan PNS yang tercatat menjadi anggota Parpol. Berdasarkan hasil klarifikasi pihaknya menemukan beberapa nama PNS yang dicatut sebagai anggota Parpol.

“Kalau dari pengakuan yang bersangkutan namanya dicatut karena tidak pernah jadi anggota Parpol,” katanya, ditemui usai acara pelantikan.

Tugas tersebut nantinya akan dilanjutkan oleh Panwascam di 17 kecamatan.

Dengan beban tugas yang cukup berat, Staf Ahli Bupati Bantul, Suwito mewanti-wanti para anggota Panwascam untuk dapat netral dalam melakukan mandatnya mengawasi tahapan Pemilu 2019 di tingkat kecamatan.

Sebab menurutnya, pengawasan butuh kecermatan yang tinggi. Apalagi jika terjadi sengketa di tingkat kecamatan, Panwascam harus selalu mengacu pada aturan main dan perundangan yang ada.

“Harus jadi wasit yang jujur, adil dan cermat,” pungkasnya.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…