Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berziarah ke Pajimatan Raja-Raja Imogiri di Dusun Pajimatan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Senin (13/11/2017). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja) Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berziarah ke Pajimatan Raja-Raja Imogiri di Dusun Pajimatan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Senin (13/11/2017). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja)
Senin, 13 November 2017 18:40 WIB Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Prabowo Subianto Ziarahi Makam Raja Imogiri, Terkait Pilpres 2019?

Prabowo subianto berziarah ke Makam Imogiri, Bantul.

Solopos.com, BANTUL— Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berziarah ke Makam Raja-Raja di Kotagede dan Imogiri, Bantul Senin (13/11/2017). Namun Prabowo membantah ziarahnya kali ini ada kaitannya dengan kepentingan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

“Urusan pribadi saja. Sebagai tradisi, kita menghormati leluhur, menghormati sejarah kita. Saya kira itu saja,” ujar Prabowo singkat saat ditemui selepas ziarah ke Makam Sultan Agung di Pajimatan Imogiri.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris DPD Gerindra DIY, Dharma Setiawan. Menurutnya kedatangan Prabowo ke Jogja kali ini bertujuan untuk memenuhi undangan Amien Rais dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. Karena kebetulan Prabowo ada waktu dan kesempatan untuk berziarah, maka ia menyempatkan diri melakukannya. Apalagi menurutnya, Prabowo masih memiliki garis atau silsilah dari Hamengku Buwono II. “Makanya tadi ke Kotagede dulu. Karena makam HB II ada di sana,” ucapnya.

Terkait waktunya yang berdekatan dengan tahapan Pilpres 2019, Dharma menyebut itu hanya kebetulan saja. Pemilihan waktu ziarah ini didasarkan atas alasan efisiensi. “Sekalian diundang,” imbuhnya. Menurutnya hal tersebut lazim dilakukan oleh orang Jawa untuk berdoa agar mendapat kebaikan.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…