Harian Jogja Hari Ini, Senin (13/11/2017) Harian Jogja Hari Ini, Senin (13/11/2017)
Senin, 13 November 2017 08:55 WIB M100/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Novanto Siap Berkelit

Harian Jogja edisi hari Senin (13/11/2017)

Solopos.com, JAKARTA- Setya Novanto kemungkinan tidak akan memenuhi panggilan KPK, Senin (13/11) ini. Tim pengacaranya berniat meminta perlindungan Presiden, Polri, dan TNI apabila Novanto dipanggil paksa.

 

Tak Ada Nama Khusus di Kolom Agama

BANDUNG- Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan organisasi penghayat kepercayaan yang terdaftar di Pemerintah saat ini bersifaf dinamis.
Mapolres Dharmasraya Dibakar

DHARMASRAYA- Teror terhadap aparat penegak hukum kembali terjadi. Dua orang yang diduga teroris membakar Markas Polres Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar), Minggu (12/11) dini hari. Dua pelaku yang sempat melawan polisi dengan melontarkan anak panah akhirnya tewas ditembak polisi.
Hati-Hati dengan Antibiotik

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan sepekan ini sebagai Pekan Kesadaran Antibiotik, yang diselenggarakan pada 13-19 November 2017. Kampanye kali ini mengangkat soal resistansi terhadap antibiotik akibat penggunaan yang tidak sesuai prosedur, yakni menggunakan antibiotik ketika mereka tidak membutuhkan.
ASEAN Teken Pakta Dagang dengan Hong Kong

MANILA- Negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara, ASEAN, dan Hong Kong menandatangani pakta kerja sama perdagangan bebas dan investasi, Minggu (12/11).
Film Indie Tak Lagi Sepi

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kine Club Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (8/11) lalu, kembali menyelenggarakan acara tahunan berjudul Kinema #3. Acara tersebut memutar tujuh karya film fiksi dan dokumenter karya sineas muda berbakat Kine Club UMS. Mengangkat tema Jelajah Imajinasi, tahun ini merupakan tahun ke-3 penyelenggaraan Kinema.
Awal Gemilang dan Penantian Panjang

Putri Marino meraih penghargaan sebagai pemeran utama wanita terbaik dalam malam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2017 di Manado, Sabtu (11/11) malam. Putri yang baru saja debut di dunia perfilman Indonesia melalui film Posesif itu mengawali langkah gemilang di kancah perfilman.
Italia Si Cambia

MILAN- Tuntutan perubahan berdengung kencang di telinga Pelatih Italia, Gian Piero Ventura, sebelum timnya menjamu Swedia pada duel hidup mati ke Piala Dunia 2018.
Big Six!

VALENCIA- Kegagalan Marc Marquez mengunci titel keempat Moto GP di GP Malaysia dua pekan lalu agaknya menjadi berkah terselubung.
Hujan Masuk Kategori Ekstrem

SLEMAN- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi munculnya hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.
Museum De Arca Tetap Ramai

UMBULHARJO- Kunjungan Ke Museum De Arca di kompleks XT-Square, Umbulharjo, tetap ramai seperti biasa. Kecaman atas beredarnya foto pengunjung di samping patung Adolf Hitler dengan latar belakang Kamp Auschwitz yang ada di museum itu tidak menyurutkan pengunjung.
Semua Kecamatan Rawan Pohon Tumbang

SLEMAN- Tak hanya faktor usia pohon, kurangnya perawatan dan pemeliharaan disinyalir menjadi pemicu banyaknya pohon tumbang di Sleman. Seperti diketahui, potensi bencana pohon tumbang ada di seluruh kecamatan se-Sleman.
Jembatan Sungapan Terbengkalai

SEDAYU- Sudah setahun rusak, jembatan yang menghubungkan Dusun Sungapan dengan Dusun Bakal Dukuh, Desa Argodadi, Sedayu belum akan diperbaiki. Hingga triwulan IV/2017, Pemkab Bantul belum juga memasukkan alokasi anggaran perbaikan jembatan sepanjang 20 meter itu.
Kereta Bandara Tunggu Progres Fisik NYIA

TEMON- Pembangunan jalur kereta api bandara bakal dimulai saat pembangunan fisik New Yogyakarta International Airport (NYIA) mencapai 80%. Saat ini, proyek baru dalam tahap pemetaan.
Isu Pelebaran JJLS Meresahkan

PANGGANG- Warga di sepanjang jalur jalan lintas selatan (JJLS) di Gunungkidul resah dengan adanya rumor pelebaran jalan yang direncanakan oleh Pemerintah, DIY. Kabar yang berkembang, jalan akan diperlebar dari 40 meter menjadi 50 meter.
Matematika Harus Dipahami Sebagai Pemecah Masalah

SLEMAN- Pembelajaran Matematika berbasis rumus masih sering menjadi problem di kalangan siswa dari berbagai jenjang pendidikan. Guru dituntut agar sekadar menerapkan rumus yang prosedural tetapi juga mampu memberi pemahaman kepada siswa tentang latar belakang rumus yang diajarkan.
Nonsubsidi Disederhanakan

JAKARTA- Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) sedang menggodok penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga nonsubsidi.
KPR 2018 Prospektif

JAKARTA- Bank swasta maupun pelat merah menilai bisnis kredit pemilikan rumah atau KPR pada 2018 tetap prospektif. Apalagi, bergulir wacana Bank Indonesia akan menerapkan kebijakan rasio kredit terhadap nilai agunan (loan to value) secara spesial atau berbeda setiap daerah.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…