Dampak gempa di sebuah pusat perbelanjaan di Halabja, Irak, 12 November 2017. (JIBI/Reuters) Dampak gempa di sebuah pusat perbelanjaan di Halabja, Irak, 12 November 2017. (JIBI/Reuters)
Senin, 13 November 2017 16:45 WIB JIBI/Solopos/Antara Internasional Share :

Gempa Iran dan Irak Tewaskan 210 Orang

Gempa di Iran dan Irak telah menewaskan 210 orang dan diperkirakan masih akan bertambah.

Solopos.com, SOLO – Setidaknya 210 orang tewas dalam musibah gempa di Iran dan Irak berkekuatan 7,2 pada skala Richter, Minggu (12/11/2017). Tim penyelamat dari dua negara masih berupaya mencari korban yang terjebak di bawah reruntuhan.

Menurut juru bicara Organisasi Penanggulangan Bencana Nasional Iran, Behnam Saeedi, di televisi pemerintah seperti dikutip Antara melaporkan sedikitnya 207 orang tewas di Iran, serta lebih dari 1.700 orang terluka.

Pejabat setempat memperkirakan korban tewas meningkat saat tim pencari dan penyelamat mencapai daerah terpencil di Iran.

Satu gempa pada besaran antara 7,0-7,9 pada skala Richter dapat menimbulkan kerusakan berat yang meluas. Apalagi, banyak rumah di daerah pedesaan Iran terbuat dari batu bata lumpur yang dapat runtuh dengan mudah diguncang gempa.

Gempa tersebut dirasakan di beberapa provinsi di Iran, namun provinsi yang paling parah terkena adalah Kermanshah, yang kemudian mengumumkan tiga hari berkabung.

Lebih dari 142 korban berada di daerah Sarpol-e Zahab di Kermanshah, sekitar 15 kilometer dari perbatasan Irak.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…