Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok) Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)
Senin, 13 November 2017 14:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Asuransi Swasta dan Milik Pemerintah Saling Berkolaborasi

Asuransi pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat akan akan pentingnya jaminan hidup

Solopos.com, JOGJA-Keberadaan asuransi milik pemerintah seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan dianggap tidak menyurutkan bisnis asuransi swasta. Justru keberadaan asuransi pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat akan akan pentingnya jaminan hidup.

Agung Herutomo selaku Regional Agency Director Avrist Jawa Tengah dan DIY mengatakan, pemerintah saat ini sedang terus menggenjot penggunaan asuransi. Di berbagai daerah BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan terus digalakkan dalam rangka menuju kesejahteraan bangsa.

Ia menjelaskan, asuransi pemerintah bukan kompetitor yang mengurangi pasar asuransi swasta tetapi justru menjadi pemantik untuk meningkatkan pengguna asuransi. “Pemerintah memang menggalakkan berasuransi. Itu justru mengedukasi masyarakat bahwa asuransi itu penting. Jadi kami tidak merasa dirugikan tapi diuntungkan dari situ,” kata dia, Jumat (10/11/2017).

Selain itu, asuransi swasta maupun pemerintah memiliki segmentasi yang beda. Ada asuransi swasta yang memang mengambil pasar masyarakat menengah atas, sementara asuransi pemerintah mangover semua usia dan kondisi ekonomi.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Dilema antara Pakem dan Showbiz

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (8/11/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Wayang yang kian dilupakan masyarakat jamak teringat kala mendekati momen…