Pengunjung memadati stan PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) di area car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (12/11/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos) Pengunjung memadati stan PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) di area car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (12/11/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)
Minggu, 12 November 2017 13:15 WIB Muhammad Ismail/JIBI/Solopos Solo Share :

TOL SOLO-NGAWI
3 Gerbang Tambahan Beroperasi Tahun Depan, Ini Lokasinya

PT SNJ menambah tiga gerbang tol Solo-Kertosono yang akan beroperasi mulai tahun depan.

Solopos.com, SOLO — PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) menambah tiga pintu tol Solo-Kertosono (Soker) di tiga daerah. Pintu tambahan tersebut rencananya mulai difungsikan tahun depan.

Anggota Staf Bidang Humas dan Umum PT SNJ, Hudja, mengatakan penambahan tiga pintu tol Soker tersebut didasari permintaan tiga kepala daerah. Ketiga kepala daerah tersebut yakni Boyolali, Sragen, dan Grobogan. (Baca: Beroperasi Januari 2018, Ini 6 Bank Penyedia Layanan Pembayaran Nontunai Tol Soker)

“Kami menerima usulan dari tiga kepala daerah tersebut agar menambah tiga pintu tol Soker baru. PT SNJ kemudian mencari lokasi strategis agar akses pintu masuk tol Soker baru mudah dilewati,” ujar Hudja saat ditemui Solopos.com di sela-sela sosialisasi tol Soker dan pembayaran tol dengan e-money di car free day (CFD) perempatan Ngarsopuro Jl. Slamet Riydi, Minggu (12/11/2017).

Menurut Hudja, pintu tol Soker baru di Boyolali dibangun di daerah dekat Bandara Adi Soemarmo. Kemudian di Sragen dibangun di Kecamatan Sambungmacan dan di Grobogan jalan raya Solo-Purwodadi.

“Persiapan pembangunan ketiga pintu tol Soker baru tersebut sudah dimulai tahun ini. Kami menargetkan pembangunan tiga pintu tol Soker baru selesai tahun depan, bersamaan dengan dibukanya tol Soker ruas Solo-Ngawi sepanjang 90 km,”kata dia.

Hudja menjelaskan dengan penambahan tiga gerbang tol baru tersebut, jumlah keseluruhan pintu tol Soker menjadi delapan pintu. Kelima pintu yang sudah ada yakni Ngasem (Sukoharjo), Klodran (Karanganyar), Kebakkramat (Karanganyar), Sragen, dan Ngawi. (Baca: Ruas Tol Ngawi-Kertosono Diresmikan Sebelum Natal 2017)

Ia mengatakan sepanjang jalur tol juga akan dilengkapi fasilitas umum, seperti area istirahat, SPBU, tempat makan dan minum, hingga tempat ibadah. Terdapat empat area istirahat, di antaranya di KM 26, KM 45, KM 59 dan KM 82.

Pejabat Bagian Teknik PT SNJ, Rully Astika Lesmana, mengatakan sosialisasi tol Soker di CFD Solo selama November dilaksanakan empat kali yakni tanggal 5, 12,19, dan 26. Sosialisasi ini sangat penting agar warga bisa mengetahui keberadaan jalan tol Soker dan cara pembayaran tol dengan e-money.

“Jumlah pengunjung di stan PT SNJ di CFD meningkat setiap pekan. Kami berharap melalui sosialisasi ini masyarakat lebih tahu akan pentingnya memanfatkan pembayaran nontunai saat berada di tol Soker,” kata dia.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Seni dan Kapitalisasi Ruang Publik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (9/11/2017). Esai ini karya Andi Setiawan, pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah andisemar@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Akhir bulan lalu, tepatnya pada 28-29 Oktober 2017,  diadakan acara…