Ilustrasi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan (Twitter) Ilustrasi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan (Twitter)
Minggu, 12 November 2017 17:20 WIB Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Patut Ditiru, Banjararum Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial

Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan program yang sedang digalakkan BPJS Ketenagakerjaan DIY

Solopos.com, KULONPROGO-Program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan diterapkan di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo. Masyarakat setempat diharapkan bisa mengenal lebih dekat dan mengoptimalkan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Sekretaris Desa Banjararum Sunaryo mengatakan, Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan program yang sedang digalakkan BPJS Ketenagakerjaan DIY. Selain Banjararum, program itu juga diketahui sudah dicanangkan di Desa Condongcatur, Sleman; Mangunan, Bantul, dan Desa Bejiharjo, Gunungkidul.

“Harapannya dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja di desa kami,” ujar Sunaryo, Sabtu (11/11/2017).

Sunaryo mengungkapkan, banyak warga Banjararum yang belum mengakses layanan BPJS Ketenakerjaan. Sebagian besar bisa jadi malah belum tahu jika ada program jaminan sosial yang bisa memberikan perlindungan kepada mereka sebagai pekerja, yaitu dalam bentuk jaminan hari tua, jamian kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan pensiun.

Sunaryo lalu menyatakan senang dengan dijadikannya Banjararum sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial. “Progam ini tidak ada memberikan jaminan perlindungan bagi masyarakat pekerja di desa kami. Perangkat desa ini juga sudah terdaftar pada empat program BPJS Ketenagakerjaan,” kata dia.

lowongan pekerjaan
GURU MADRASAH, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Seni dan Kapitalisasi Ruang Publik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (9/11/2017). Esai ini karya Andi Setiawan, pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah andisemar@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Akhir bulan lalu, tepatnya pada 28-29 Oktober 2017,  diadakan acara…