Marc Marquez (Crash.net)
Minggu, 12 November 2017 13:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Balap Share :

MOTO GP 2017
Terjatuh 2 Kali, Marquez Start Terdepan di Valencia

Moto GP 2017 memasuki seri terakhir

Solopos.com, VALENCIA — Sebelum menjalani berbagai sesi di GP Valencia, Spanyol, akhir pekan ini, Marc Marquez menyimpan rekor buruk tersendiri. Pembalap Honda ini sudah terjatuh 25 kali saat menjalani latihan, kualifikasi dan perlombaan musim ini. Marquez pun menjadi salah satu pembalap dengan jumlah crash paling banyak, terlepas dari performa gemilangnya di Moto GP 2017.

Tekanan mempertahankan titel juara dunia dari tangan Andrea Dovizioso agaknya semakin membuat Marquez kurang fokus. Alih-alih membalap dengan smooth, Marquez sudah terjatuh dua kali akhir pekan ini yakni saat latihan bebas kedua, Jumat (10/11/2017) dan sesi kualifikasi, Sabtu (11/11/2017).

Rekor crash Marquez pun menjadi 27 kali, bandingkan dengan Dovi yang hanya terjatuh lima kali musim ini. Apakah ini menjadi pertanda buruk bagi Marc Marquez? Belum tentu.

Meski berulangkali mencium aspal, Marquez nyatanya tetap sukses meraih pole position di Sirkuit Ricardo Tormo. Catatan waktu terbaiknya bahkan terpaut satu detik lebih dari Dovizioso yang hanya mampu start dari posisi sembilan. Start di grid terdepan dengan keunggulan 21 poin atas Dovi tentu menjadi modal yang amat menguntungkan bagi Marquez untuk merebut titel juara dunia keempat Moto GP.

“Saya tak suka terjatuh. Namun lebih baik mengalami kecelakaan saat sesi latihan daripada di hari perlombaan,” ujarnya dilansir Crash, Jumat (10/11/2017).

Dengan defisit 21 poin, Dovi memang sangat berharap Marquez gagal finis untuk mengudeta titel juara di race terakhir. Hal itu dengan catatan pembalap Ducati tersebut menjuarai GP Valencia. Namun mengharapkan Marquez mengalami crash saat hari-H bisa dibilang cukup mustahil.

Meski sering jatuh bangun, hanya dua insiden yang membuatnya gagal finis yakni di GP Argentia dan GP Prancis. Performa tahan banting Marquez ini tentu bisa membuat nyali Dovi menciut. Dovizioso sendiri paham fakta mudahnya Marquez mengalami crash tak serta merta menjadi keuntungan baginya.

“Marc telah mengalami banyak kecelakaan selama kariernya, terutama tahun ini. Saya tak berpikir itu [terjatuh] akan berdampak besar pada akhir pekannya, tapi tentu saja itu tak ideal,” kata Dovi, dilansir Speedweek.

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, menyatakan bakal membantu Dovizioso meraih gelar juara dunia perdananya. Saat GP Malaysia beberapa waktu lalu, Lorenzo memang sudah terkesan membantu dengan memberikan jalan bagi rekannya itu untuk meraih juara seri.

Lorenzo pun agaknya siap kembali turun tangan di race akhir pekan ini. “Kami juga berharap Marc membuat kesalahan atau nasib buruk,” ujarnya.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Seni dan Kapitalisasi Ruang Publik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (9/11/2017). Esai ini karya Andi Setiawan, pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah andisemar@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Akhir bulan lalu, tepatnya pada 28-29 Oktober 2017,  diadakan acara…