Para pemain Senegal merayakan kemenangan. (JIBI/REUTERS/Siphiwe Sibeko)
Minggu, 12 November 2017 15:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Internasional Share :

Ditunggu! Kejutan Senegal di Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 bakal diikuti Senegal.

Solopos.com, POLOKWANE — Senegal menjadi wakil Afrika ketiga yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia (PD) 2018 setelah membungkam Afrika Selatan (Afsel) 2-0 dalam lanjutan babak kualifikasi di Peter Mokaba Stadium, Polokwane, Sabtu (11/11/2017) dini hari WIB. Ini kali kedua Senegal lolos ke putaran final PD setelah sebelumnya tahun 2002 di Korea/Jepang.

Di bawah Pelatih Aliou Cisse, Senegal berkembang menjadi tim yang kembali disegani di daratan Afrika. Kemenangan atas Afrika Selatan membawa Singa Teranga, julukan Senegal, memimpin klasemen Grup D kualifikasi dengan 11 poin dari lima laga. Mereka unggul lima poin atas Burkina Faso yang berada di posisi dua dengan satu laga tersisa.

Senegal memang bisa dibilang sedang dalam generasi emas. Mereka diperkuat pemain ternama yang bermain di Benua Eropa seperti Sadio Mane (Liverpool), Diafra Sakho (West Ham), Kalidou Koulibaly (Napoli), Idrissa Gueye (Everton), Balde Diao Keita (Monaco) hingga Mbaye Niang (Torino).

Kontribusi mereka, terutama Mane, membuat Senegal belum tersentuh kekalahan di kualifikasi. Di laga melawan Afsel, Mane juga membuat assist cantik untuk gol pembuka tim yang dicetak Diafra Sakho.

Publik Senegal pun mulai menggadang-gadang Singa Teranga bisa kembali mengaum seperti 15 tahun silam. Saat itu tim yang dimotori pemain Liverpool, El Hadji Diouf, mampu menembus perempatfinal dalam debutnya di Piala Dunia. Fakta ini cukup unik karena bintang Senegal saat ini, Sadio Mane, juga berasal dari Merseyside Merah.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, turut bergembira dengan lolosnya Senegal ke PD. Namun Klopp berharap Mane dapat segera bergabung bersama tim untuk persiapan melawan Southampton pekan depan.

Pelatih asal Jerman ini menyebut Mane butuh istirahat cukup setelah perjalanan panjang ke Afrika. “Dia butuh pemulihan yang sesungguhnya. Jika Anda kenal pelatih Senegal, beritahulah dia,” ujar Klopp dilansir Liverpool Echo, Sabtu.

 

lowongan pekerjaan
PT.BANK PERKREDITAN RAKYAT, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Seni dan Kapitalisasi Ruang Publik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (9/11/2017). Esai ini karya Andi Setiawan, pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah andisemar@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Akhir bulan lalu, tepatnya pada 28-29 Oktober 2017,  diadakan acara…