Ilustrasi pengangguran (JIBI/Harian Jogja/Dok.) Ilustrasi pengangguran (JIBI/Harian Jogja/Dok.)
Sabtu, 11 November 2017 04:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Waduh, Pengangguran Terbuka DIY Meningkat

Kendati  mengalami kenaikan, angka tersebut masih lebih rendah dari nasional yang mencapai kisaran 5,0-6,5%

Solopos.com, BANTUL-Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPK) di DIY semakin meningkat, dari 2,72% pada Agustus 2016 menjadi 3,02% pada Agustus 2017. Kendati  mengalami kenaikan, angka tersebut masih lebih rendah dari nasional yang mencapai kisaran 5,0-6,5%.

“Penyebab peningkatan TPT DIY di antaranya, penduduk yang telah menyelesaikan pendidikannya selama setahun terakhir masih banyak yang belum terserap dalam pasar kerja. Besarannya mencapai 26,77 persen dari penganggur yang ada dan 53,35 persen diantaranya penduduk yang baru menyelesaikan D-IV atau S-1,” kata Kepala BPS DIY, JB. Priyono.

Faktor lain kenaikan TPT adalah penduduk usia 15 tahun ke atas yang pernah bekerja pada lapangan usaha industri pengolahan konstruksi, perdagangan eceran, dan penyedia minuman belum mendapatkan pekerjaan kembali.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Presiden Mantu, UKM Terbantu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (7/11/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi memang pribadi yang…