Ilustrasi diet. (networkdesigner.net) Ilustrasi diet. (networkdesigner.net)
Sabtu, 11 November 2017 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

TIPS DIET
Ini Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh Biar Cepat Langsing

Tips diet kali ini tentang cara meningkatkan metabolisme tubuh agar cepat langsing.

Solopos.com, SOLO – Rumus menurunkan berat badan adalah membakar lemak dan memangkas kalori dalam tubuh. Artinya, Anda harus lebih banyak bergerak daripada makan. Tapi, faktanya menurunkan berat badan tidak semudah yang dibayangkan.

Buktinya, masih banyak orang yang gagal menjalankan diet ketat. Bayangkan saja bagaimana rasanya jika bobot tubuh tak kunjung turun meski sudah menahan lapar dalam waktu tertentu. Menyebalkan bukan? Tapi, jangan cepat putus asa jika masalah ini terjadi.

Bisa saja bobot tubuh Anda tidak turun karena metabolisme tubuh yang lambat. Agar bobot lebih cepat turun, maka Anda harus mempercepat metabolisme tubuh. Metabolisme merupakan proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh. Kecepatan metabolisme ternyata sangat berpengaruh pada penurun bobot tubuh. Lantas, bagaimana cara mempercepat metabolisme?

Dilansir Boldsky, Jumat (10/11/2017), secara singkat metabolisme adalah proses mengubah makanan menjadi bahan bakar oleh hormon dalam tubuh. Reaksi ini membakar banyak kalori untuk menghasilkan energi. Selain bobot, tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari jenis kelamin, usia, dan tinggi badan.

Beberapa hasil penelitian menjelaskan cara jitu meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan lebih banyak bergerak. Inilah sebabnya Anda harus rajin berolahraga saat menjalani diet. Orang yang malas bergerak biasanya lebih cepat gemuk. Sebab, energi yang diperoleh dari makanan hanya disimpan dan akhirnya tertimbun menjadi lemak.

Sementara mereka yang rajin berolahraga biasanya tidak akan mengalami masalah dengan bobot tubuh. Selain meningkatkan metabolisme, olahraga juga memperbaiki kepadatan tulang, serta menjaga massa otot. Semakin banyak otot yang dimiliki, maka makin cepat pula metabolisme tubuh. Inilah sebabnya wanita lebih cepat gemuk dibandingkan pria.

Nah, wanita yang sedang diet wajib berolahraga dan mengatur pola makan. Jika keduanya dilakukan secara rutin, maka Anda akan kehilangan lemak sekaligus otot. Kondisi ini menyebabkan tingkat metabolisme basal (BMR) meningkat. BMR merupakan jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan fungsi normal selama beristirahat. Jika BMR meningkat, maka akan lebih banyak kalori yang dibakar saat Anda sedang tidur.

Anda juga bisa meningkatkan BMR dengan memperbanyak konsumsi protein. Cara lainnya yang lebih mudah adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum banyak air putih dan makan sayuran atau buah yang berserat tinggi serta berair.

Anda juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman berkafein untuk meningkatkan metabolisme. Kafein merupakan stimulan yang mempercepat proses pemecahan makanan menjadi energi. Tapi ingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan karena akan menimbulkan masalah bagi kesehatan.

 

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Hari-hari ini adalah periode…