Rektor UII Nandang Sutrisna (kiri) menyerahkan cinderamata kepada salah satu narasumber workshop penyusunan kurikulum, Jumat (10/11/2017). (Harian Jogja/Sunartono) Rektor UII Nandang Sutrisna (kiri) menyerahkan cinderamata kepada salah satu narasumber workshop penyusunan kurikulum, Jumat (10/11/2017). (Harian Jogja/Sunartono)
Sabtu, 11 November 2017 02:20 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Sudah Saatnya Metode Pembelajaran Beralih ke SCL

Hal ini untuk menjawab tantangan perkembangan zaman

Solopos.com, SLEMAN-Metode pembelajaran di universitas sudah saatnya beralih ke Student Center Learning (SCL). Hal ini untuk menjawab tantangan perkembangan zaman. Hal itu disampaikan dalam Workshop Penyusunan Kurikulum Program Studi S1 Akuntansi di Aula Utara Gedung Ace Partadiredja Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Depok, Sleman, Jumat (10/11/2017).

Ketua Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII Dekar Urumsah mengatakan lebih dari 100 peserta yang mengikuti workshop berasal dari Prodi Akuntansi berbagai PTN maupun PTS seluruh Indonesia. Mereka mengikuti karena masih membutuhkan pendampingan dalam menyusun kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan International Education Standard (IES).

Baca juga : Kurikulum Akuntansi di Perguruan Tinggi Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Para peserta diberikan trik menyusun kurikulum hingga detail sampai satuan acara perkuliahan (SAP) dan rencana pembelajaran semester (RFS) sekaligus dikaitkan metode pembelajaran. Salah satu materi dibahas yaitu metode pembelajaran Student Center Learning (SCL) yang sedang nge-tren di berbagai perguruan tinggi.

Metode ini mengedepankan mahasiswa yang aktif dengan sistem transfer ilmu dua arah, baik dari dosen ke mahasiswa maupun mahasiswa ke dosen. Melalui metode tersebut diharapkan dapat menjawab tantangan perkembangan dunia akuntasi yang terus berubah.

“Metode lama hanya satu arah harus ditinggalkan, seperti hanya datang ke kampus modal datang saja tanpa materi yang disiapkan. Tetapi kalau dengan metode SCL [student center learning], maka mahasiswa saat berangkat kuliah harus menyiapkan materi yang akan dibahas karena harus terlibat aktif,” ungkapnya.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…