Suasana Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Jumat (10/11/2017). (Ocktadika Cahya A/JIBI/Harian Jogja) Suasana Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Jumat (10/11/2017). (Ocktadika Cahya A/JIBI/Harian Jogja)
Sabtu, 11 November 2017 06:20 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Masih ada 20 Stan Pasar Malam Perayaan Sekaten Tersedia

Stan sudah terisi sebanyak 466 dari total 486 stan

Solopos.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan masih menerima pendaftaran stan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-alun Utara meski tradisi tahunan yang akan digelar sampai 30 November itu sudah resmi dibuka, Jumat (10/11/2017).

“Sampai sore ini stan sudah terisi sebanyak 466 dari total 486 stan,” kata Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi saat pembukaan PMPS.

PMPS kemarin resmi dibuka oleh Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X yang ditandai dengan pemukulan gong. Heroe mengatakan, pendapatan PMPS pun sudah hampir mencapai target Rp1 miliar. Namun, di luar itu, ia berharap PMPS berdampak luas bagi pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

Heroe menyatakan, pihaknya akan mengevaluasi secara keseluruhan penyelenggaraan PMPS agar lebih relavan dengan kondisi kekinian, sehingga tidak hanya sekadar berdagang. “Agar sekaten bisa menjadi lokomotif yang menunjukkan pertumbuhan gerak ekonomi Kota Jogja,” hara Heroe.

Baca juga : Pasar Malam Sekaten Libatkan UMKM Jogja

Ia bersyukur PMPS kali ini banyak melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tidak perlu menyewa. Setidaknya ada 14 stan UMKM, dan beberapa stan dari instansi terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ada juga stan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja Maryustion Tonang mengatakan, total pendapatan yang diperoleh dari penyewaan stan sampai sore kemarin sekitar Rp900.000. Menurut dia, proses pembayaran dilakukan melalui transaksi non tunai. “Semua via transfer pembayarannya, tidak ada yang tunai,” ujar dia.

Baca juga : Pasar Malam Sekaten Harus Jadi Penggerak Ekonomi Masyarakat

Terkait masih ada stan yang tersisa, pihaknya masih membuka sewa. Penyewaan stan dilayani di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan di lantai II Pasar Bringharjo.

lowongan pekerjaan
GURU MADRASAH, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Hari-hari ini adalah periode…