Ilustrasi mobil pemadam kebakaran Ilustrasi mobil pemadam kebakaran (JIBI/Dok.)
Sabtu, 11 November 2017 12:15 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos Klaten Share :

Klaten Dapat Tambahan 2 Mobil Pemadam Kebakaran Baru

Pemkab Klaten menambah mobil pemadam kebakaran baru.

Solopos.com, KLATEN – Unit Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten segera mendapat tambahan dua mobil pemadam. Pengadaan mobil pemadam itu menggunakan alokasi dana dari APBD 2017.

Kepala Satpol PP Klaten, Sugeng Haryanto, mengatakan dua unit mobil pemadam itu masing-masing memiliki bak penampungan air berkapasitas 3.000 liter dan 5.000 liter. Untuk pembelian itu, pemkab mengalokasikan dana Rp3,1 miliar.

“Pengadaan sudah dilakukan secara e-katalog. Rencana pada pertengahan Desember nanti akan diserahkan,” ungkapnya, Jumat (10/11/2017).

Sugeng mengatakan pengadaan mobil pemadam kebakaran itu sesuai analisis kebutuhan. Idealnya, setiap kecamatan memiliki satu unit mobil pemadam kebakaran. Di Klaten, terdapat 26 kecamatan. Namun, lantaran anggaran yang terbatas, total mobil pemadam kebakaran yang dimiliki sebanyak enam unit termasuk dua kendaraan pengadaan tahun ini.

Salah satu pengemudi mobil pemadam kebakaran, Nur Rochim, mengatakan ada empat kendaraan pemadam kebakaran. Keempat mobil itu tak semuanya dalam kondisi bagus lantaran faktor usia.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran merupakan keluaran 1983 dengan masing-masing kapasitas tangki air 3.000 liter dan 4.000 liter. Kondisi mesin kedua mobil dipastikan masih prima. Namun, mobil pemadam kebakaran berkapasitas 3.000 liter selama ini jarang digunakan saat proses pemadaman.

“Biasanya hanya digunakan untuk pemadaman api pada kebakaran ringan atau untuk membawa cadangan air. Semprotan air dari mobil itu sudah tidak kencang. Kalau normal, daya semprotnya itu bisa menjangkau 15 meter atau setara empat lantai bangunan bertingkat. Namun, untuk mobil ini hanya satu lantai,” katanya.

Mobil lainnya yakni pengadaan pada 2004 dengan kapasitas tangki air 5.000 liter. Pengadaan terakhir dilakukan pada 2014 dengan kapasitas tangki 3.500 liter. Kedua mobil itu termasuk satu mobil pengadaan 1983 dengan kapasitas tangki 4.000 liter menjadi andalan dalam pemadaman kebakaran.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Hari-hari ini adalah periode…