Yuda Ardhi menunjukkan koleksi miniatur kayu buatannya, Jumat (10/11/2017). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati) Yuda Ardhi menunjukkan koleksi miniatur kayu buatannya, Jumat (10/11/2017). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)
Sabtu, 11 November 2017 08:55 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

KISAH INSPIRATIF
Sukses Berawal dari Hobi Menggambar

Hasil karyanya banyak diminati kalangan muda, terutama untuk hadiah ulang tahun, pernikahan, ataupun wisuda

Solopos.com, JOGJA-Berawal dari hobi menggambar, Yuda Ardhi akhirnya bisa memiliki bisnis produksi miniatur kayu. Hasil karyanya banyak diminati kalangan muda, terutama untuk hadiah ulang tahun, pernikahan, ataupun wisuda.

Ditemui di Hayam Wuruk Resto, Jumat (10/11/2017), pria kelahiran Jogja, 7 Agustus 1989 ini menceritakan ia suka menggambar tokoh karakter sejak lama. Namun selama ini ia hanya memanfaatkan media kertas untuk menorehkan hobinya itu. Suatu kali, seorang teman ada yang mengusulkan untuk mengembangkan ke media kayu. Ia kemudian memanfaatkan kayu limbah dari produksi furnitur milik kerabatnya.

Kayu tersebut digambar sesuai desain tokoh kartun, anime, dan manusia. Tahapan demi tahapan dilalui sampai akhirnya lembaran kayu berbentuk tokoh yang menggambarkan karakter seseorang. Ia juga membuat miniatur karakter dari kayu yang menggambarkan dirinya sendiri, rambut gondrong, dan berkacamata. Miniatur dirinya itu sering dibawa kemanapun ia pergi, termasuk ke pantai. Ia memotret tokoh tersebut dengan berbagai latar pemandangan yang indah.

Saat diposting ke media sosial miliknya, banyak orang yang tertarik untuk membeli hingga akhirnya ia kebanjiran order sampai saat ini. Selain dapat dimainkan untuk difoto, produk miniatur kayunya tersebut juga dapat dipajang di atas meja dan memiliki muka bolak-balik. “Miniatur kayuku ini juga bongkar pasang. Jadi aku jual value itu [bongkar pasang] karena yang sudah ada hanya jadi pajangan di atas meja saja,” kata Yuda.

Pemesan bisa meminta model karakter sesuai dirinya sendiri. Dapat juga memesan animasi yang sedang diminati saat ini, seperti Hello Kity dan Totoro. Ia bahkan bercita-cita mengembangkan karakter lagi yang lebih bernuansa tokoh Indonesia seperti Timun Mas. Miniatur kayu diproduksi dalam dua jenis ukuran, ukuran besar 17×20 sentimeter dan ukuran kecil 14×14 sentimeter. Produknya tersebut dikemas dalam bingkai kayu agar terlihat elegan dan ekslusif. “Cocok kalau untuk personel gift,” katanya.

Yuda menjual produk miniatur kayu dengan harga mulai Rp270.000. Salah satu klien bahkan pernah memesan dengan harga sampai Rp700.000 karena menampilkan karakter tujuh sosok dalam satu keluarga. Konsumen dapat memesan sesuai karakternya, misalnya suka naik gunung maka Yuda akan menambah gambar tas gunung pada bagian belakang, atau suka pakaian flanel maka miniatur menampilkan tokoh menggunakan baju kotak-kotak.

Pria yang mengerjakan produk miniatur kayu di rumahnya di Jl Gito Gati Pendowoharjo, Sleman ini memang baru memulai usahanya pada Januari 2017 lalu. Namun setiap bulan ia bisa menerima pesanan sampai 15 orang. Pesanan itu banyak ia terima dari pemasaran online, baik melalui instagram, facebook, maupun YouTube channel.

Menjelang akhir tahun ini, ia kebanjiran pesanan. Terlebih lagi banyaknya wisuda di berbagai universitas membuatnya harus banyak meluangkan waktu untuk mengerjakan pesanan. Saat ini, bisnis miniatur kayu miliknya memang masih sebatas pekerjaan sampingan. Kendati demikian, produknya sudah banyak dikenal di kalangan teman kampus dan SMA dan juga beberapa komunitas di Jogja.

lowongan pekerjaan
GURU MADRASAH, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Hari-hari ini adalah periode…