Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo sedang melakukan tabur bunga, di makam Nyi Ageng Serang, di Dusun Beku, Desa Banjarharjo, Kalibawang, Jumat (10/11/2017).(Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja) Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo sedang melakukan tabur bunga, di makam Nyi Ageng Serang, di Dusun Beku, Desa Banjarharjo, Kalibawang, Jumat (10/11/2017).(Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)
Sabtu, 11 November 2017 12:40 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Ini Dia Nilai Kepahlawanan Nyi Ageng Serang yang Belum Banyak Diketahui

Bupati Hasto Wardoyo ajak teladani kepribadian Nyi Ageng Serang.

Solopos.com, KULONPROGO— Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengajak segenap masyarakat, untuk meneladani sedikitnya tiga nilai kepahlawanan yang dimiliki oleh Nyi Ageng Serang, pahlawan nasional asal Kulonprogo.

Hal itu ia kemukakan Hasto seusai melakukan tabur bunga, di kompleks Makam Nyi Ageng Serang, Dusun Beku, Desa Banjarharjo, Jumat (10/11/2017). Hasto menjelaskan, tiga nilai yang harus diteladani adalah nasionalisme.

Sikap itu, bisa menjadi modal bagi generasi saat ini, untuk menegakkan negara yang mandiri di masa yang akan datang. Nilai kedua yaitu kesederhanan, sedangkan yang terakhir adalah visioner atau berpikir ke depan. Menurut Hasto, walau Nyi Ageng Serang adalah pejuang yang mengerjakan sesuatu yang tidak begitu besar, namun memiliki visi luar biasa. Yaitu mewujudkan, menggaungkan di dunia internasional bahwa negara Indonesia itu ada. Dan Indonesia diakui berdaulat dalam bidang politik.

“Nyi Ageng Serang juga memiliki pesan kepada para generasi penerus, bahwa dalam keadaan sulit dan berjuang, harus tetap mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata dia, Jumat.

Di Kompleks Makam tersebut, selain Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang (RA.Koestiah Wulaningsih Retno Edi) yang lahir pada 1762 dan wafat pada 1838. Dimakamkan pula Putri kedua Sedo Timur (wayah dalem), Abdi Dalem Penamping (kalih-kalih ipun), RM Boedi Oetomo (wayah Dalem), R.Ngt.Boedi Oetomo (wayah dalem) dan beberapa wayah dalem dan penderek dalem lainnya.

lowongan pekerjaan
GURU MADRASAH, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO —┬áHari-hari ini adalah periode…