Penjual durian, Mardianto, memamerkan durian dagangannya di Tegalrejo, Jatirejo, Girimarto, Jumat (10/11/2017). (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos) Penjual durian, Mardianto, memamerkan durian dagangannya di Tegalrejo, Jatirejo, Girimarto, Jumat (10/11/2017). (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)
Sabtu, 11 November 2017 09:35 WIB Ahmad Wakhid/JIBI/Solopos Wonogiri Share :

Ini 7 Kecamatan Penghasil Durian Terbanyak di Wonogiri

Ada tujuh kecamatan di Wonogiri yang memiliki pohon durian paling banyak.

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri menggenjot produksi durian dengan menambah ribuan pohon durian di sejumlah daerah. Pekan depan, bakal dibagikan 1.130 pohon durian di Slogohimo, Ngadirojo, dan Puhpelem.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah juga memberi bantuan 1.000 pohon durian di Karangtengah. Kepala Seksi Hortikultura, Joko Riyanto, mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri, Safuan, mengatakan penambahan pohon durian itu untuk meningkatkan produktivitas durian di Wonogiri.

Apalagi, dia mengungkapkan hasil panen durian tahun ini lebih bagus dibanding tahun lalu. “Saat ini, di sebagian daerah sudah ada yang panen. Hasilnya bagus secara kualitas maupun kuantitas,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (10/11/2017).

Meski begitu, dia memprediksi panen raya durian bakal terjadi pada akhir Desember 2017 hingga awal Januari 2018. Sejumlah daerah yang sudah panen durian antara lain Girimarto, Ngadirojo, dan sekitarnya.

“Ada beberapa daerah yang sudah mulai panen, tetapi kebanyakan masih nanti akhir tahun hingga awal tahun depan,” imbuhnya.

Joko menyebut hanya tiga kecamatan di Wonogiri yang tidak ada pohon duriannya yakni Giritontro, Giriwoyo, dan Baturetno. Sementara jumlah pohon durian terbanyak antara lain Jatipurno, Karangtengah, Girimarto, Ngadirojo, Slogohimo, dan Puhpelem.

Adapun jumlah pohon durian di Wonogiri hingga September 2017 ada 144.797 pohon. Dia memerinci sebagian besar jenis durian di Wonogiri antara lain berbagai jenis lokal, montong, matahari, dan kani.

Namun mulai 2015 jenis Bawor dan Musaking mulai menjadi tren yang dikembangkan masyarakat Wonogiri. Daerah sasaran pengembangan dua jenis durian tersebut, antara lain Bulukerto, Slogohimo, dan Puhpelem.

Berikut tujuh kecamatan dengan pohon durian terbanyak di Wonogiri

1. Karangtengah: 25.273 pohon
2. Ngadirojo: 21.962 pohon
3. Girimarto: 20.714 pohon
4. Jatipurno: 20.332 pohon
5. Slogohimo: 14.615 pohon
6. Puhpelem: 8.628 pohon
7. Batuwarno: 6.322 pohon
Sumber: Dinas Pertanian dan Pangan

lowongan pekerjaan
CV SENTRA CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Hari-hari ini adalah periode…