Jogja
Sabtu, 11 November 2017 - 17:20 WIB

Hujan dan Angin Kencang di Sleman, Pohon Tumbang Terjadi di 6 Lokasi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BPBD Sleman melakukan penanganan di sejumlah titik pohon tumbang di Sleman, Sabtu (11/10/2017). (Foto istimewa/Dokumen)

Pohon tumbang terjadi di enam lokasi akibat angin kencang di Sleman pada Sabtu (11/10/2017)

Harianjogja.com, SLEMAN-Pohon tumbang terjadi di enam lokasi akibat angin kencang di Sleman pada Sabtu (11/10/2017). Lokasi tersebut tersebar di dua kecamatan yakni Ngaglik dan Pakem.

Advertisement

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, pohon tumbang dan menghalangi jalan terjadi di ruas jalan Dusun Pelem Harjobinangun, Pakem dan di Brengosan, Pendowoharjo, Ngaglik.

Makwan, Kepala Bidang Kedaruratan dan LogistikBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mengatakan pohon pete berdiameter 20 cm yang tumbang di Brengosan itu.

Selain itu, adapula yang roboh, salah satunya pohon sengon laut berukuran 40 cm, menimpa kabel telepon, gudang mebel, dan baliho di dua titik di Rejondani, Sariharjo, dan Ngaglik.

Advertisement

Di Rejondani, Sariharjo, Ngaglik pula, pohon doyo berukuran 40 cm menimpa kediaman pribadi milik Hanung di RT 2/1. Makwan menambahkan jika pohon itu juga menimpa baliho di sisi selatan RS Puri Husada. Terakhir, pohon melinjo berdiameter 20 cm juga tumbang menimpa jaringan listrik di duaun yang sama.

Makwan menerangkan pihaknya sudah melakukan penanganan dengan motong batang dan ranting pohon yang menghalangi jalan. Selain itu, dahan pohon yang rubuh menimpa atap rumah warga juga sudah dibersihkan.

“Bantuan terpal untuk menutup sementara rumah Pak Hanung, Rejodani,” katanya kepada Harianjogja.com.

Advertisement

Ia juga mengimbau kepada masyarakat luas untuk waspada akan dampak cuaca ekstrem khususnya pohon tumbang. Pemangkasan sebaiknya dilakukan terhadap pohon yang rawan tumbang di sekitar rumah dan baliho termasuk pohon perindang jalan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif