BPBD Sleman melakukan penanganan di sejumlah titik pohon tumbang di Sleman, Sabtu (11/10/2017). (Foto istimewa/Dokumen) BPBD Sleman melakukan penanganan di sejumlah titik pohon tumbang di Sleman, Sabtu (11/10/2017). (Foto istimewa/Dokumen)
Sabtu, 11 November 2017 17:20 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Hujan dan Angin Kencang di Sleman, Pohon Tumbang Terjadi di 6 Lokasi

Pohon tumbang terjadi di enam lokasi akibat angin kencang di Sleman pada Sabtu (11/10/2017)

Solopos.com, SLEMAN-Pohon tumbang terjadi di enam lokasi akibat angin kencang di Sleman pada Sabtu (11/10/2017). Lokasi tersebut tersebar di dua kecamatan yakni Ngaglik dan Pakem.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, pohon tumbang dan menghalangi jalan terjadi di ruas jalan Dusun Pelem Harjobinangun, Pakem dan di Brengosan, Pendowoharjo, Ngaglik.

Makwan, Kepala Bidang Kedaruratan dan LogistikBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mengatakan pohon pete berdiameter 20 cm yang tumbang di Brengosan itu.

Selain itu, adapula yang roboh, salah satunya pohon sengon laut berukuran 40 cm, menimpa kabel telepon, gudang mebel, dan baliho di dua titik di Rejondani, Sariharjo, dan Ngaglik.

Di Rejondani, Sariharjo, Ngaglik pula, pohon doyo berukuran 40 cm menimpa kediaman pribadi milik Hanung di RT 2/1. Makwan menambahkan jika pohon itu juga menimpa baliho di sisi selatan RS Puri Husada. Terakhir, pohon melinjo berdiameter 20 cm juga tumbang menimpa jaringan listrik di duaun yang sama.

Makwan menerangkan pihaknya sudah melakukan penanganan dengan motong batang dan ranting pohon yang menghalangi jalan. Selain itu, dahan pohon yang rubuh menimpa atap rumah warga juga sudah dibersihkan.

“Bantuan terpal untuk menutup sementara rumah Pak Hanung, Rejodani,” katanya kepada Harianjogja.com.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat luas untuk waspada akan dampak cuaca ekstrem khususnya pohon tumbang. Pemangkasan sebaiknya dilakukan terhadap pohon yang rawan tumbang di sekitar rumah dan baliho termasuk pohon perindang jalan.

lowongan pekerjaan
CV SENTRA CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO —┬áHari-hari ini adalah periode…