News
Sabtu, 11 November 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 11 November

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto dokumentasi Perundingan Linggarjati. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 11 November, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 11 November. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut beberapa peristiwa yang dirangkum Semarangpos.com dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 11 November, demi mengenangnya.

Advertisement

1673
Pasukan Polandia-Lituania berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di Khotyn, Ukraina. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Kesultanan Ottoman kehilangan 30.000 tentaranya sedangkan tentara pasukan Polandia-Lituania yang tewas tak sampai mencapai 10.000.

1918
Petinggi militer Jerman Jozef Pilsudski mengumumkan kemerdekaan Polandia dan mengklaim dirinya sebagai pemimpin sekaligus panglima tertinggi di Polandia. Hingga kini, 11 November diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Polandia.

Advertisement

1918
Petinggi militer Jerman Jozef Pilsudski mengumumkan kemerdekaan Polandia dan mengklaim dirinya sebagai pemimpin sekaligus panglima tertinggi di Polandia. Hingga kini, 11 November diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Polandia.

1918
Sekutu dan Jerman menandatangani perjanjian gencatan senjata di sebuah gerbong kereta api di hutan Compiegne, Prancis. Gencatan senjata itu membawa Perang Dunia I ke titik akhir. Perjanjian tersebut juga menjadi tanda kemenangan Sekutu dan kekalahan mutlak Jerman, meski gencatan senjata itu bukan sebuah pernyataan menyerah.

1931
Jepang mengirimkan pasukan tambahannya di Manchuria, Tiongkok. Pihak Tiongkok yang geram lantas mengancam akan mengerahkan pasukan yang lebih banyak dibandingkan Jepang demi mempertahankan wilayah Manchuria jika Liga Bangsa-Bangsa (LBB) tak mampu menyelesaikan konflik antara Jepang dan Tiongkok di wilayah tersebut.

Advertisement

1942
Pasukan Jerman menyerang kawasan bebas perang di Case Anton, Prancis. Sebagian wilayah di kawasan tersebut lantas dikuasai Jerman hingga akhir Perang Duna II.

1946
Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) dimulai. Perundingan itu menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan diratifikasi oleh kedua negara pada 25 Maret 1947.

Leonardo Wilhelm Dicaprio. (Hollywoodreporter.com)

Advertisement

1974
Leonardo Wilhelm Dicaprio lahir di Hollywood, California, Amerika Serikat (AS). Kini, dirinya merupakan seorang aktor ternama yang pernah membintangi sejumlah film. Beberapa film yang sukses dibintangi Leo antara lain Romeo and Juliet, Titanic, Catch Me if You Can, Gangs of New York, The Great Gatsby, The Revenant. Meski banyak yang menilai akting Leo di beberapa film selalu memukau, ia baru sekali meraih Piala Oscar, yakni pada 2015 kala dirinya berperan sebagai Hugh Glass di film The Revenant.

1975
Angola meraih kemerdekaan penuh dari Portugal. Sebelumnya, Angola telah dikuasai Portugal sejak 1575. Itu artinya, Angola menjadi wilayah jajahan Portugal selama 400 tahun.

Philipp Lahm. (Eurosport.com)

Advertisement

1983
Philipp Lahm lahir di Munchen, Jerman Barat. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub di tanah kelahirnannya, Bayern Munchen, sejak 2001 hingga 2017. Selain itu, Lahm juga menjadi andalan Timnas Jerman sejak 2004 sampai 2014. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 10 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 November

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif