BTN Tour de Borobudur XVII. (paling depan) Dirut BTN Maryono, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan istri, tengah menunggu aba-aba start dalam BTN Tour de Borobudur XVII di depan Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Sabtu (11/11/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-BTN)
Sabtu, 11 November 2017 21:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

BALAP SEPEDA
6.000 Peserta Meriahkan BTN Tour De Borobudur XVII

Balap sepeda, ajangnya digelar BTN dengan tajuk BTN Tour de Borobudur.

Solopos.com, SEMARANG –Sekitar 6.000 pencinta olahraga balap sepeda turut meramaikan ajang BTN Tour de Borobudur XVII yang digelar Sabtu-Minggu (11-12/11/2017) di Jawa Tengah (Jateng).

Ajang yang diselenggarakan PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) dengan mengambil start di depan Kantor Gubernur Jateng, Jl. Pahlawan, Semarang, itu turut diikuti orang nomor satu di Jateng, Gubernur Ganjar Pranowo.

Dalam ajang yang digelar rutin setiap tahunnya ini, para penggemar olahraga balap sepeda akan diberikan tantangan menelusuri jalur Semarang-Magelang. Sepanjang perjalanan, para peserta bisa menikmati suasana alam di Jateng yang asri.

“BTN ingin terus berkontribusi dalam ajang internasional ini sebagai bentuk dukungan terhadap pariwisata di Jawa Tengah. Secara nasional, acara ini juga bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” ujar Direktur Utama BTN, Maryono, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu.

Tour de Borobudur yang diselenggarakan kali ini merupakan yang ke-17 dan sudah menjadi agenda rutin tahunan yang diikuti peserta dari dalam maupun luar negeri. Acara olahraga yang dipadu dengan pariwisata terbukti menarik antusiasme dunia internasional dan memberi berdampak bagi ekonomi masyarakat serta pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam ajang BTN Tour de Borobudur ini, para peserta tidak hanya diminta untuk berkompetisi. Mereka juga diajak untuk melakukan sederet kegiatan sosial seperti menyumbang dana Rp1.000 untuk setiap kilometer (km) yang berhasil ditempuh.

Selain bantuan sosial itu, BTN juga memberikan kontribusi bagi lingkungan hidup dengan menebar 10.000 benih ikan dan menanam 1.000 bibit pohon buah di kawasan Waduk Jatibarang, Semarang.

“Besar harapan kami, bantuan ini memiliki multiplier effect bagi masyarakat Jawa Tengah. Sehingga wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri benar-benar dirasakan masyarakat di sini,” ucap Maryono.

BTN Tour de Borodudur XVII dibagi dalam tiga kategori. Pertama, kategori 100K dengan jarak tempuh 100 km yang diikuti 1.200 peserta. Kedua, kategori 200K dengan jarak tempuh 60 km dengan jumlah peserta 200 orang. Sedangkan kategori ketiga menempuh jarak 30 km dengan jumlah peserta 500 orang.

lowongan pekerjaan
PT.BANK PERKREDITAN RAKYAT, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Hari-hari ini adalah periode…