Ilustrasi rusunawa (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi rusunawa (JIBI/Solopos/Dok.)
Sabtu, 11 November 2017 13:40 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Asyik...Bakal Ada Rusunawa Baru di Kota Jogja

Pemkot akan menambah rusunawa.

Solopos.com, JOGJA— Pemerintah Kota Jogja berencana membangun kembali rumah susun sewa (Rusunawa) untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat Kota Jogja.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Jogja, Edy Muhammad mengatakan saat ini pihaknya tengah mengkaji dua lokasi bakal pembangunan rusunawa, yani di wilayah Bener Tegalrejo dan Sorosutan Umbulharjo, “Kalau sudah selesai feasibility study [kajian kelayakan] akan dilanjutkan ke rancang bangun,” kata Edy, saat ditemui di DPRD Kota Jogja, Jumat (10/11/2017).

Ia mengatakan hasil rancang bangun bakal rusunawa itu nantinya akan diusulkan ke Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Edy mengatakan kebutuhan rumah di Kota Jogja masih banyak. Berdasarkan hasil kajian intansinya pada 2015 lalu, proyeksi kebutuhan rumah mencapai 101.526 unit rumah.

Sementara yang sudah ada baru 92.965 unit. Sehingga masih ada kekurangan 8.561 unit. Ketersediaan lahan yang dimiliki Pemerintah Kota Jogja sekitar 5,4 hektare. Jika dihitung satu unit rumah sekitar 100 meter, kata Edy, maka lahan tersebut baru baru mencukupi untuk membangun sekitar 5.492 unit rumah.

Menurut dia, jika lahan yang dimiliki termanfaatkan tetap masih ada selisih kekurangan sekitar 3.000 an unit rumah. “Maka solusinya adalah membangun rumah vertikal, dan yang bisa dilakukan pemerintah adalah rusunawa,” papar Edy. Pihaknya juga menekankan kepada pengembang rumah swasta di Jogja agar menyediakan 20 persen dari total unit rumah yang dibangun untuk masyarakat sekitar berpenghasilan rendah (MBR).

Saat ini Pemerintah Kota Jogja baru memiliki tiga rusunawa di wilayah Juminahan Pakualaman, Jogonalan Danurejan dan Cokrodirjan Jetis. Berdasarkan peraturan Kementrian PUPR, pembangunan rusunawa minimal membutuhkan lahan seluas 3.600 meter per segi.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Banyak Pelajaran dari Gregoria

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (6/11/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, guru besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret dan tinggal di Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO —┬áHari-hari ini adalah periode…