Jogja
Sabtu, 11 November 2017 - 22:20 WIB

250 Anak TK Bersaing Perebutkan Piala Mendikbud

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah peserta mengikuti lomba mewarnai dalam acara Gebyar Milad ke 51 di SD Muhammadyah Pakel, Jalan Pakel Baru No.40 Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, Sabtu (11/11/2017). (JIBI/Harian Jogja/Zakaria Saputra)

SD Muhammadiyah Pakel Umbulharjo Kota Jogja menggelar berbagai kegiatan perlombaan

Harianjogja.com, JOGJA – SD Muhammadiyah Pakel Umbulharjo Kota Jogja menggelar berbagai kegiatan perlombaan di kompleks sekolah Jalan Pakel Baru, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Jogja, Sabtu (11/11/2017).

Advertisement

Sebanyak 250 anak setingkat taman kanak-kanak (TK) bersaing dalam empat jenis lomba untuk memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Dari hasil penjurian yang ketat, panitia menetapkan TK Krapyak Wetan sebagai juara umum dan berhak atas piala tetap Dinas Pendidikan Kota Jogja dan piala bergilir Mendikbud.

Jenis lomba Pildacil juara pertama diraih Izzam Al-Farisi dari TK ABA Krapyak Wetan, juara kedua Aninda Regina dari TK ABA Krapyak Wetan dan Muh. Rizqi dari TK ABA Miliran sebagai juara ketiga. Kemudian Lomba Tahfidz juara pertama diraih Razka Nabila dari TK Kibar Jogja dan juara kedua Ahmad Rafi dari TK yang sama dan juara ketiga Zahira Tsabita dari ABA Nitikan.

Advertisement

Kategori Fashion Show, juara pertama Vanessa Aurelia dari TK Islam Timuran, juara kedua Viola Andita dari TK yang sama dan juara ketiga Indyra Rumantika dari TK ABA Wonocatur. Juara pertama lomba mewarnai diraih oleh Arjuna Putra dari TK Budi Mulia I, Muhammad Amru dari TK Dwi Jaya juara kedua dan Liano Veerald dari TK An Nur sebagai juara ketiga.

“TK ABA Krapyak Wetan sebagai juara umum. Penentuan juara umum diambil dari juara terbanyak yang memiliki bobot nilai paling tinggi,” terang Dahuri Humas SD Muhammadiyah Pakel Kota Jogja Dahuri, Sabtu (11/11/2017).

Dahuri menjelaskan, pihaknya membatasi hanya 250 peserta berasal dari 60 TK, dan terpaksa menolak sekitar 10 TK karena waktu pendaftaran telah ditutup. Para peserta yang bersaing antara lain, Fashion Show 30 anak dengan mengambil tema aku anak soleh berprestasi, kategori mewarnai ada 150 anak yang mengikuti dengan tema sekolah ramah anak.

Advertisement

Kemudian untuk Pildacil 30 anak yang berebut menjadi juara dengan tema ceramah aku anak soleh dan Tahfidz ada 40 anak, dengan ketentuan hafalan surat wajib Al-Kafirun dan beberapa surat pilihan seperti Al-Kausar, Al-Maun dan Al-Quraisy.

“Melalui empat jenis lomba itu, kami ingin melihat kemandirian anak, kecakapan anak, kemampuan anak tampil di depan umum dan memberikan apresiasi kepada mereka. Selain itu kami berharap SD Muhammadiyah Pakel dikenal masyarakat luas, diminati masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan itu sebagai salah satu rangkaian Milad ke-51 SD Muhammadiyah Pakel. Perhelatan selanjutnya, parenting gratis bagi orang tua yang memiliki anak usi TK B pada 2 Desember 2017 dan puncak acara milad adalah kegiatan sekolah dengan lingkungan sekitar seperti pemeriksaan kesehatan, pentas seni, pameran karya siswa dan peresmian gedung.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif