Nyala lilin yang dihidupkan oleh anggota Pramuka yang hadir pada acara betajuk Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Jumat (10/11/2016). (Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja) Nyala lilin yang dihidupkan oleh anggota Pramuka yang hadir pada acara betajuk Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Jumat (10/11/2016). (Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja)
Jumat, 10 November 2017 15:55 WIB Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Khidmat, Hening Cipta untuk Pahlawan di TMP Kusumanegara

Ratusan orang yang terdiri dari satuan TNI, Polri, PNS, hingga anggota pramuka kwartir DIY berkumpul untuk memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara.

Solopos.com, JOGJA – Menyisakan nyala api obor tugu pahlawan sebagai sumber pencahayaan, ratusan orang bersumpah dan mengheningkan cipta di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

Melebur sejak pukul 11.00 WIB, Kamis (9/11/2017), ratusan orang yang terdiri dari satuan TNI, Polri, PNS, hingga anggota pramuka kwartir DIY berkumpul untuk memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara.

Dalam upacara bertajuk Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dimulai pukul 11.45 WIB itu dipimpin oleh Kepala Polisi DIY, Brigadir Jendral Polisi, Ahmad Dofiri.

Suasana khidmat makin terasa saat seluruh lampu yang menyala di TMP Kusumanegara dimatikan. Hanya menyisakan api Obor Tugu Pahlawan sebagai sumber cahaya. Tampak seluruh peserta fokus pada api yang terletak di dahapan peserta.

“Menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorban saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan,” tutur Inspektur Upacara tepat pukul 00.00 WIB, Jumat (10/11/2017).

Melalui inspektur upacara seluruh peserta bersumpah dan berjanji, bahwa perjuangan pahlawan adalah perjuangan seluruh peserta. Begitu juga jalan kebajikan hingga ikut berperang dan meninggal, peserta anggap sebagai jalan yang diambil oleh peserta juga. “Semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Ahmad Dofiri.

Pembina Pramuka Gugus Depan SMK Negeri 3 Yogyakarta Gunawan Purwanto, mengatakan bangga bisa mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk memeringati hari pahlawan ini.

Ia juga menilai bahwa dirinya patut berbangga karena bisa hadir dalam acara untuk menghormati jasa para pahlawan. “Berbangga dan terhormat bisa mengikuti,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, bahwa dirinya hadir bersama 30 anggota binaannya. Selain 30 orang yang bergabung dalam satu peleton itu, anggota  pramuka lainnya ialah Satuan Pramuka Bhayangkara, dan beberapa Gugus Depan dari sekolah lain juga diminta hadir. Adapun tugas saat upacara ialah menyalakan lilin disamping 1802 makam yang ada di TMP Kusuma Negara.

Sejumlah 1802 makam pahlawan itu terdiri dari 1258 orang angkatan bersenjata, 399 pejuang rakyat, 128 pahlawan tak dikenal, 12 pegawail sipil, dan lima orang pahlawan nasional. Adapun lima orang pahlawan itu di antaranya Jendral Sudirman, Letnan Jendral TNI Urip Sumohardjo, dan Brigadir Jendral TNI Katamso Darmokusummo.

lowongan pekerjaan
CV SENTRA CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Presiden Mantu, UKM Terbantu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (7/11/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi memang pribadi yang…