Soloraya
Jumat, 10 November 2017 - 20:35 WIB

JOKOWI MANTU : Akhirnya... Petugas Kebersihan, Linmas, dan Tukang Becak Nikmati Sumsuman Seusai Pernikahan Kahiyang

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengemudi becak, petugas kebersihan, dan linmas berebut jenang sumsum di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Jumat (10/11/2017). (Indah Septiyaning W./JIBI/Solopos)

Para tukang becak, petugas kebersihan, dan linmas yang bertugas membantu acara pernikahan Kahiyang Ayu menikmati sumsuman.

Solopos.com, SOLO — Petugas kebersihan, perlindungan masyarakat (linmas), hingga pengemudi becak yang ikut serta membantu acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, akhirnya menikmati sumsuman. Mereka diundang ke Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Jumat (10/11/2017), untuk makan bersama.

Advertisement

Ada sekitar 300 takir bubur sumsum yang disediakan Pemkot Solo bagi para petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), petugas linmas, serta pengemudi becak yang berdatangan ke Loji Gandrung sejak pukul 12.30 WIB. Mereka memenuhi kursi yang disediakan di Pendapa Loji Gandrung. (Baca: Tukang Becak Pengantar Tamu Kahiyang Tagih Janji Sumsuman)

Mendapatkan aba-aba untuk memakan bubur sumsum, mereka langsung menyerbu dan memakan suguhan tersebut dengan ditemani musik dangdut. Dalam sekejap ratusan takir bubur itu pun ludes.

Advertisement

Mendapatkan aba-aba untuk memakan bubur sumsum, mereka langsung menyerbu dan memakan suguhan tersebut dengan ditemani musik dangdut. Dalam sekejap ratusan takir bubur itu pun ludes.

Suasana akrab dan gayeng benar-benar terasa di antara mereka. Tak hanya duduk di kursi, mereka pun lesehan di pinggir pendapa. Seusai memakan bubur sumsum, mereka menerima pengarahan dari Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

Selain Wali Kota, hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Yulistianto didampingi pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) seperti Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Hari Prihatno, Kepala DLH Hasta Gunawan, Kepala Satpol PP Sutarjo, Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kinkin Sultanul Hakim, dan lainnya.

Advertisement

Selain itu harapannya dengan sumsuman ini berkah juga mengalir kepada Kahiyang dan Bobby. Selain sumsuman juga dilakukan pembagian honor kepada 114 petugas Linmas dan Satpol PP, 57 petugas DLH, dan 50 sopir becak.

“Nanti kalau ditanya wartawan tidak usah menyebutkan berapa isi amplopnya. Nanti malah udur-uduran siji karo liyane kok beda [saling membandingkan kok satu sama lainnya beda]. Ini [honor] untuk uang lelah kemarin,” katanya.

Salah satu sopir becak, Wagimin, 45, mengaku senang mendapatkan rezeki tersebut. Siang itu dia menerima dua amplop, satu amplop dari keluarga Presiden Jokowi dan satu amplop dari Polda Jawa Tengah (Jateng).

Advertisement

Ia mendapatkan honor tersebut karena telah membantu mengantarkan dan menjemput tamu undangan pernikahan Kahiyang dengan Bobby. “Matur nuwun atas rezekinya,” kata dia yang enggan membeberkan berapa isi dalam amplop tersebut.

Sopir becak yang biasa mangkal di Sami Luwes Jl. Honggowongso ini mengaku juga dilibatkan dalam acara hajatan pernikahan putra sulung Presiden, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu. Kala itu, dia mengaku menerima honor dari keluarga Presiden senilai Rp200.000.

“Kalau ini saya tidak tahu. Tidak boleh diberitahukan ke wartawan sesuai arahan Pak Wali tadi,” katanya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif