Sepeda motor tua menjadi salah satu pelengkap dekorasi Graha Saba Buana. (Istimewa/Media Center) Sepeda motor tua menjadi salah satu pelengkap dekorasi Graha Saba Buana. (Istimewa/Media Center)
Jumat, 10 November 2017 19:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Roda 2 Share :

Inilah Spesifikasi Skuter Tua yang Nongkrong di Photobooth Kahiyang-Bobby

Pernikahan Kahiyang-Bobby menyedot perhatian masyarakat.

Solopos.com, SOLO — Ada yang menarik saat pernikahan Kahiyang-Bobby berlangsung Rabu-Kamis (7-8/11/2017).  Pernikahan Kahiyang-Bobby dinilai mampu menyatukan budaya Nusantara, mengusung konsep Jawa tanpa meninggalkan kesan modern.

Salah satunya tercermin dalam konsep photobooth pernikahan putri Jokowi. Photobooth yang mengambil konsep Jawa klasik tersebut menggunakan vespa tua sebagai dekorasi.

Okezone Rabu (8/11/2017), menulis berdasarkan dari berbagai sumber, ternyata skuter tua ini merupakan keluaran produk Innocenti, Italia yakni Lambretta LI series III.
Lambretta yang diambil dari Lambrate yakni sebuah daerah di pinggir kota Milan yang dilalui sungai di mana pabrik Innocenti berada.

Skuter Lambretta ini di desain oleh Carradino D’ascanio ahli pesawat terbang. Lambretta kemudian di produksi massal dan laku di pasaran pada 1947 hingga dipesan oleh militer Amerika Serikat (AS) untuk alat transportasi pasukan marinir.

Lambrettta LI series III memiliki desain spidometer yang berbentuk trapesium, injakan kaki rata ke samping, memiliki lencana yang lebih kecil dari series sebelumnya, bagian belakang yang berbentuk melengkung.

Innocenti juga menambahkan lencana besar di bagian belakang. Kunci dipindahkan dari bagian belakang ke samping dan starter sederhana tetap dipertahankan. Secara signifikan di desain depan lebih tajam dan lebih menonjol dengan bangku ganda.

Mesin yang digunakan skuter Lambretta tidak ada perbaikan yang signifikan dibanding dari series II. Perbaikan yang diberikan di series III ini adalah knalpot baru yang lebih besar dari desain sebelumnya.

Karborator juga ditingkatkan ke versi yang lebih baik dengan mangkuk pelampung terintegrasi. Generator/flywheel yang didesain ulang meningkatkan output listrik mesin. Body yang lebih ringan juga menjadi keunggulan Lambretta LI series III ini.

Pada Lambretta LI series III ini juga lebih praktis. Memiliki kecepatan yang standar untuk harian. Namun, cahaya lampu yang dimiliki hanya sebesar 6 volt dan sebagian besar body-nya sulit didapat.

lowongan pekerjaan
GURU MADRASAH, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Presiden Mantu, UKM Terbantu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (7/11/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi memang pribadi yang…