Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters) Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)
Jumat, 10 November 2017 13:20 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Ini Penyebab Sarjana Banyak Menganggur

Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di DIY pada Agustus 2017 sebesar 3,02%

Solopos.com, JOGJA– Berdasarkan data yang dirilis BPS DIY, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di DIY pada Agustus 2017 sebesar 3,02%, naik dari periode sebelumnya yang berada di angka 3,72%.

Baca juga : Duh, Penganggur di Jogja Mayoritas adalah Sarjana

Pengertian TPT sendiri adalah perbandingan antara jumlah penganggur dengan jumlah angkatan kerja. Angkatan kerja di DIY pada Agustus 2017 adalah 2,1 juta orang.

Jika angka nasional menunjukkan lulusan SMK adalah penyumbang TPT tertinggi, maka untuk DIY, TPT tertinggi berasal dari lulusan universitas, yakni sebesar 4,90%, disusul SMA (4,39%) dan baru SMK dengan angka 4,38%. Khusus untuk SMK, dibanding Agustus 2016, angka tahun 2017 mengalami penurunan sebanyak 1,38. Sedangkan lulusan universitas dan SMA mengalami kenaikan.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY Sriyati mengatakan, salah satu alasan kenapa BPS pusat menempatkan jebolan SMK sebagai penyumbang TPT terbesar karena biasanya survey dilakukan pada bulan Agustus. Pada saat itu, biasanya mereka yang baru lulus masih menunggu untuk mendapatkan pekerjaan.

“Kan untuk mendapatkan pekerjaan kadang tidak bisa sebulan dua bulan. Itu kan masih mas tunggu. Atau mungkin karena kualifikasi mereka belum sesuai dengan pasar, sehingga setelah lulus harus mengikuti pelatihan dulu,” ucapnya.

Sedangkan, untuk kasus di DIY, ia menyatakan, yang menjadi penyebab kenapa lulusan univeritas paling banyak menganggur karena biasanya semakin tinggi tingkat pendidikan orang, maka yang bersangkutan akan semakin memilih jenis pekerjaan yang gajinya sesuai dengan harapan.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Presiden Mantu, UKM Terbantu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (7/11/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi memang pribadi yang…