Ilustrasi Rancangan APBD (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi Rancangan APBD (JIBI/Solopos/Dok.)
Jumat, 10 November 2017 09:40 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Ini Dia Belanja Pemkab Gunungkidul yang Dikritisi Sultan

Pemkab Gunungkidul berhemat Rp3,3 miliar.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL— Pemerintah DIY mengevaluasi APBD Perubahan 2017 yang telah disepakati bersama antara pemkab dengan DPRD Gunungkidul. Dari hasil evaluasi, Pemkab melakukan tindaklanjut dengan melakukan efisiensi program kegiatan.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul Putro Sapto Wahyono mengatakan, hasil evaluasi dari Gubernur DIY tentang APBD Perubahan Gunungkidul 2017 telah diterima beberapa waktu lalu. Dari hasil evaluasi itu, Pemkab diminta melakukan efisiensi anggaran di sejumlah kegiatan, mulai dari surat perjalanan dinas pemkab, tunjangan DPRD hingga beberapa program kegiatan yang tidak diperkenankan adannya penambahan anggaran. “Namun dalam evaluasi tidak menyebut nominal dan hanya menulis tentang agenda kegiatan,” katanya Kamis (9/11/2017).

Menurut dia, salah satu evaluasi yang diberikan berkaitan dengan surat perjalan dinas. Dalam hal ini, kata Putro, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menilai butuh pemangkasan dikarenakan waktu yang hampir mendekati akhir tahun. “Selain masalah perjalanan dinas, juga ada tambahan anggaran di sejumlah program yang harus dipangkas karena tidak dibarengi dengan penambahan output kegiatan,” ujarnya.

Evaluasi terhadap pengesahan APBD Perubahan ini sudah dikomunikasikan dengan DPRD Gunungkidul. Hasilnya, kata Putro, pemkab telah melakukan berbagai pencermatan yang menghasilkan efisiensi anggaran sebesar Rp3,3 miliar.

“Ini angka global yang merupakan akumulasi dari pemotongan anggaran perjalanan dinas, tunjangan DPRD hingga program kegiatan yang tidak perlu adanya penambahan biaya. Intinya dengan efisiensi ini maka pemkab dapat melakukan penghematan anggaran,” kata mantan Kepala Bidang Anggaran ini.

lowongan pekerjaan
CV SENTRA CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Presiden Mantu, UKM Terbantu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (7/11/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi memang pribadi yang…