Suharno (Istimewa) Suharno (Istimewa)
Jumat, 10 November 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Presiden Mantu, UKM Terbantu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (7/11/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id.

Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi memang pribadi yang sangat dicintai rakyat. Saat dia mantu, warga menyambut gembira penuh suka cita. Seolah-olah yang punya gawe tidak hanya keluarga Presiden Jokowi, seluruh warga Kota Solo ikut cawe-cawe.

Tanpa dikomando, dengan biaya swadaya mereka menggelar berbagai acara menyambut hari pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution. Hal ini bisa kita rasakan. Sepekan sebelum acara mantu digelar, terlihat di area bebas dari asap kendaraan bermotor di Jl. Slamet Riyadi, Solo, warga menggelar acara Kenduri Cinta Jokowi Mantu.

Mereka membuat acara selamatan yang dilengkapi tumpeng nasi kuning yang dibagikan kepada para pengunjung area srawung warga itu. Di sepanjang Jl. Slamet Riyadi warga juga memasang umbul-umbul penjor janur di 10 lokasi. Para tukang becak rela menghantar para tamu tanpa dibayar. Masih banyak lagi euforia menyambut Presiden Jokowi mantu.

Gaung Presiden Jokowi mantu tidak hanya terasa di Kota Solo dan di Indonesia. Ratusan wartawan asing datang ke Solo serta meliput dan memublikasikan. Kota Solo tambah ramai, makin sibuk, dan di beberapa ruas jalan terjadi kemacetan. Semua tetap menyambut penuh suka cita.

Warga tidak ada yang mengeluh dan menggerutu. Mereka bisa memaklumi. Seolah-olah mereka terlibat langsung sebagai yang punya gawe mantu. Acara  seperti ini sangat langka terjadi, belum tentu akan terjadi lagi dalam beberapa tahun ke depan. Pesta pernikahan anak presiden seolah-olah telah menjadi pesta rakyat bagi warga Solo.

Warga Solo punya kebanggaan dan kecintaan terhadap Presiden Jokowi serta terhadap kota tempat tinggal mereka. Hal seperti ini sangat positif bagi terbangunnya kebersamaan antarwarga. Tanpa melihat perbedaan agama, etnis, dan budaya. Semua ikut nyengkuyung.

Dampak Presiden Jokowi mantu juga dirasakan pengusaha besar sampai pengusaha kecil di wilayah Soloraya sampai Kota Jogja. Pengusaha hotel, pengusaha transportasi, pengusaha kuliner, pengusaha batik, semua merasakan berkahnya.

Selanjutnya adalah: Tamu yang diundang dari semua lapisan masyarakat…

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Presiden Mantu, UKM Terbantu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (7/11/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi memang pribadi yang…