Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Alby Albahi)
Kamis, 9 November 2017 22:30 WIB Edi Suwiknyo/JIBI/Bisnis Ekonomi Share :

Setelah Tergerus, Daya Beli Diprediksi Melonjak Akhir Tahun

Daya beli diprediksi akan melonjak pada akhir 2017 setelah sempat tergerus hingga kuartal III 2017.

Solopos.com, JAKARTA — Kendati relatif stagnan, prospek konsumsi masyarakat atau daya beli diyakini akan melonjak pada kuartal IV/2017. Sebelumnya, BPS menyebut daya beli masyarakat terus tergerus.

Head of Research for Makro and Finance LPEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Febrio N Kacaribu, mengatakan stagnasi daya beli terjadi karena kelas menengah selama tiga kuartal terakhir menahan belanjanya.

“Mereka sekarang cenderung menabung, ada beberapa alasan mungkin masalah politik atau menunggu akhir tahun,” kata Ferbrio di Kampus UI, Kamis (9/11/2017).

Meski demikian, sejumlah indikator pertumbuhan ekonomi selama kuartal III diprediksi akan memberikan kembali kepercayaan kalangan menengah untuk meningkatkan konsumsi mereka. Di antaranya adalah ekspor yang diprediksi naik.

Peningkatan konsumsi itu diprediksi mengerek pertumbuhan konsumsi secara signifikan. Proyeksinya, pada kuartal IV daya beli masyarakat bisa naik ke angka 5,1% – 5,2%. Sehingga secara overall masih di angka 5,1% atau bahkan 5,15%.

“Misal akhir tahun ini mereka bisa jalan-jalan atau membeli barang baru,” jelasnya.

Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya merilis data bahwa daya beli masyarakat terus tergerus hingga kuartal ke III/2017. Pada kuartal tersebut daya beli berada di angka 4,93% atau turun dibandingkan kuartal I/2017 sebear 4,95% dan kuartal II/2017 4,94%.

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Menduniakan Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (28/10). Esai ini karya Vilya Lakstian Catra Mulia, dosen Linguistik di Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah vilyalakstian@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Perkembangan dunia saat…