Timnas Swiss (Talksport) Timnas Swiss (Talksport)
Kamis, 9 November 2017 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

PIALA DUNIA 2018
Play-Off: Jangan Anggap Enteng Irlandia Utara, Swiss!

Piala Dunia 2018 memasuki babak play-off.

Solopos.com, BELFAST — Setelah sembilan kali beruntun lolos ke putaran final Piala Dunia, Swiss dibuat ketir-ketir untuk menentukan nasib ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Penampilan La Nati, julukan Swiss, sebenarnya tidak terlalu buruk di kualifikasi lalu. Mereka mengantongi 27 poin dari 10 pertandingan di Grup B. Sayangnya, Swiss gagal lolos otomatis karena kalah selisih gol dengan Portugal yang menjadi juara Grup B.

Padahal, nilai yang dikantongi Swiss itu masih lebih hebat dari tim-tim yang lolos otomatis dari grup lain, seperti Prancis (23 poin), Serbia (21 poin), Polandia (25 poin), Inggris (26 poin), dan Islandia (22 poin). Tapi apa daya, tim polesan Vladimir Petkovic harus puas di posisi runner-up dan harus mengikuti play-off untuk memastikan ke putaran final Piala Dunia 2018.

Swiss pun akan berhadapan dengan Irlandia Utara pada play-off. Pada leg pertama play-off, La Nati akan melawat ke markas Irlandia Utara, Windsor Park, Belfast, Jumat (8/11/2017) pukul 02.45 WIB.

“Kami harus mulai kembali dari awal dan kami harus berusaha serta menempatkan pola pikir yang tepat. Kami seperti menghadapi turnamen minim dan kami harus lebih baik dari lawan kami,” ujar Petkovic, seperti dilansir Reuters, Rabu (8/11/2017).

Namun, bukan perkara mudah menaklukkan markas Irlandia Utara. Swiss bisa cemas jika menengok statistik lima pertandingan kandang terbaru milik tim besutan Michael O’Neill itu. Dalam catatan goal.com, Irlandia Utara meraih empat kemenangan dan hanya sekali kekalahan dalam lima laga kandang pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu. Satu-satunya kekalahan itu terjadi ketika mereka takluk 1-3 dari juara dunia Jerman.

Petkovic akan mengandalkan full-back Stephan Lichtsteiner dan Ricardo Rodriguez masing-masing di sisi kanan dan kiri untuk menembus pertahanan tuan rumah. Full-back Juventus dan AC Milan itu piawai  melakukan tusukan dari flank, kemudian memberi umpan crossing kepada striker utama Swiss, Haris Seferovic.

Seferovic akan mendapatkan pekerjaan sulit membobol gawang Irlandia Utara.  Itu karena tuan rumah bisa kemungkinan akan menerapkan strategi bertahan demi clean sheet di kandang.

“Yang penting kami tidak kebobolan di kandang. Kami bukan tim yang dijagokan lolos dan menguasai pertandingan. Kami juga ingin dapat hasil bagus di Basel [leg kedua di Swiss]. Laga ini akan berat dan ketat, dan kami berharap bisa melakukan serangan balik setelah bertahan,” jelas O’Neill.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Menduniakan Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (28/10). Esai ini karya Vilya Lakstian Catra Mulia, dosen Linguistik di Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah vilyalakstian@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Perkembangan dunia saat…