Kiper Inggris, Joe Hart, bertabrakan dengan rekan setimnya Chris Smalling (kiri) saat menghadapi Jerman dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, London, Rabu (20/11/2013) dini hari WIB. JIBI/REUTERS/Dylan Martinez
Kamis, 9 November 2017 07:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

LAGA UJI COBA
Duel Inggris Vs Jerman Pakai VAR

Laga uji coba akan menyajikan laga Inggris vs Jerman.

Solopos.com, LONDON — Sistem video assistant referee (VAR) bakal dicoba dalam laga persahabatan Inggris versus Jerman di Stadion Wembley, London, Sabtu (11/11/2017) dini hari WIB mendatang.

Sistem VAR tidak asing lagi sejak dipakai di Piala Konfederasi 2017 musim panas lalu. VAR juga mulai diterapkan di liga-liga elite Eropa, seperti Seri-A Italia dan Bundesliga Jerman. Tapi, sistem VAR masih jarang dipakai di Britania Raya.

International Football Association Board (IFAB) sepakat VAR lebih dulu diujicobakan selama dua tahun sejak 2016 lalu. Sistem dengan bantuan video ini dipakai untuk memudahkan wasit menentukan gol, penalti, kartu merah langsung, dan mengidentifikasi kesalahan atau pelanggaran dalam pertandingan.

Seperti dilansir Soccerway, Rabu (8/11/2017), VAR sebenarnya pernah dipakai sekali di Stadion Wembley, tepatnya dalam laga amal pada Oktober 2017 silam. Kali ini, VAR akan dipakai dalam pertandingan uji coba resmi FIFA yang melibatkan Inggris versus Jerman di Wembley.

Menariknya, pemakaian VAR dalam duel Inggris versus Jerman ini akan mengingatkan beberapa keputusan kontrovesial wasit dalam pertemuan kedua tim di masa lalu. Seperti pada final Piala Dunia 1966 ketika gol kedua pemain Inggris, Geoff Hurst, melawan Jerman Barat disahkan wasit meski tak tampak melewati garis gawang. Inggris pun diuntungan dan memuntaskan laga dengan kemenangan 4-2.

Kejadian kontroversial lain yang kini bisa ditekan dengan teknologi VAR yakni ketika gol pemain Inggris, Frank Lampard, pada Piala Dunia 2010 melawan Jerman tidak disahkan. Padahal, bola tendangan Lampard terlihat masuk gawang.

Seandainya gol itu disahkan wasit, Inggris bisa menyamakan kedudukan 2-2. Namun wasit tidak menganggapnya menjadi gol. Kali ini Inggris yang dirugikan, dan akhirnya kalah 1-4 dari Jerman.

Pertandingan di Wembley menjadi laga pemanasan Inggris dan Jerman ke Piala Dunia 2018. Kedua tim mengantongi tiket otomatis ke Rusia setelah finis sebagai juara grup masing-masing pada kualifikasi.

Selain melawan Jerman, Inggris dijadwalkan bertemu Brasil, Rabu (15/11/2017) WIB. Sedangkan sekitar empat hari setelah lawatan ke Inggris, Jerman akan menjajal kekuatan Prancis di Koln.

“Tentu itu [juara Piala Dunia 2018] merupakan harapan dan target kami. Kami adalah juara bertahan, kami memenangi Piala Konfederasi, target kami tetap berada di puncak, meski itu sulit,” koar Pelatih Jerman, Joachim Low, dilansir Dailymail.co.uk.

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU REJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…