Jogja
Kamis, 9 November 2017 - 19:40 WIB

JOKOWI MANTU : Sejumlah Pejabat Ini Pilih Menginap di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Polisi Militer berjaga saat simulasi pengamanan tamu VVIP di kawasan Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jumat (3/11/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Pendapatan Hotel Naik 9%.

Harianjogja.com, JOGJA— Pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution berhasil meningkatkan pendapatan hotel. Tidak hanya di Solo, hotel di Jogja yang cukup jauh dengan lokasi pernikahan keduanya pun ikut mengalami kenaikan pendapatan selama sepekan ini. Sejumlah pejabat memilih menginap di Jogja.

Advertisement

Public Relations Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Khairul Anwar, mengatakan peningkatan pendapatan hotel karena momentum Jokowi Mantu tersebut mencapai 8%-9% dan peningkatan okupansinya sekitar 15% dibandingkan pekan lalu.

Ia mengakui, sejak 6-10 November, semua kamar di hotel yang berada di samping timur Ambarrukmo Plaza tersebut sudah dipesan oleh para tamu. “30 persen terisi tamu Jokowi. Selebihnya masih kuat OTA [online travel agent] dan grup kedokteran yaitu konferensi Urologist Asia Pasific,” kata pria yang akrab disapa Awang ini, Kamis (9/11/2017).

Tamu Jokowi yang menginap adalah kalangan pejabat pemerintah sekelas gubernur seperti Gubernur Papua, Gubernur Papua Barat, Gubernur Riau, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. “Pastinya mereka menginap di executive suite kalau setingkat menteri. Executive di rate variatif Rp4,5-Rp5,5 juta,” kata Awang. Para tamu presiden tersebut juga ada yang menginap bersama ajudan dan protokolernya.

Advertisement

Ia mengatakan, sejak weekdays pekan lalu sampai sebelum Natal nanti, rata-rata okupansi Royal Ambarrukmo Hotel mencapai 80%. Angka tersebut meningkat dari okupansi normal atau non high season sebesar 65% per hari.

Namun tidak semua hotel di Jogja mengalami hal yang sama. Hotel Sahid Jaya Jogja hanya melayani lima tamu dari even Jokowi mantu. Marketing Communication  Sahid Jaya Hotel & Convention Jogja, Setyowati mengatakan peningkatan jumlah tamu yang signifikan justru terjadi saat pernikahan putra pertama Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi pada 2015 silam. “Sekarang cuma terpakai lima kamar,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif