Petugas menarik toilet portable dari Lapangan Parkir Sumber, Kamis (9/11/2017). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos) Petugas menarik toilet portable dari Lapangan Parkir Sumber, Kamis (9/11/2017). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)
Kamis, 9 November 2017 15:10 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos Solo Share :

JOKOWI MANTU
Pernikahan Kahiyang, DLH Pasok 40.000 Liter Air ke Toilet Portable dalam Sehari

Untuk kebutuhan sanitasi selama acara, Pemkot Solo menyediakan enam toilet portabel.

Solopos.com, SOLO — Kebutuhan air bersih untuk enam toilet portabel yang dibuka selama Rabu (8/11/2017), saat pernikahan Kahiyang Ayu dan M.Bobby Afif Nasution, mencapai 40.000 liter.

Pernikahan putri Presiden Joko Widodo dengan pria asal Medan tersebut mengundang ribuan tamu bahkan yang hadir dan turut mangayubagya dalam acara tersebut bisa mencapai puluhan ribu orang. Untuk kebutuhan sanitasi selama acara, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyediakan enam toilet portabel yang disediakan di Lapangan Parkir Sumber, Lapangan Parkir Manahan, Lapangan Parkir Banyuanyar, dan tiga unit toilet portabel lainnya di tempatkan di sekitar kediaman Jokowi di Jl.Kutai Utara Sumber Banjarsari.

“Yang memakai fasilitas ini sangat banyak, luar biasa. Dalam sehari kemarin kami harus mengirim delapan tangki air bersih ke empat lokasi tersebut. Kalau satu tangki berisi 5.000 liter, berarti kebutuhan air bersih kemarin mencapai 40.000 liter,” kata seorang petugas kebersihan dari DLH Solo, Suryo Sarastomo, saat ditemui Espos, di Lapangan Parkir Sumber, Kamis (9/11/2017).

Menurut dia, tamu Jokowi mantu yang memanfaatkan toilet portable sangat banyak. Selain tamu, petugas pengamanan dari berbagai satuan juga memanfaatkan toilet itu tidak hanya untuk buang air tetapi juga untuk mandi.

Pada Kamis pagi petugas mulai menarik fasilitas tersebut dari lokasi. “Untuk sementara kami ambil dulu yang ada di Sumber, Banyuanyar, dan Manahan. Untuk yang ada di sekitar kediaman Pak Jokowi akan kami ambil setelah semuanya bersih. Kebetulan sampai hari ini di halaman rumah Pak Jokowi masih banyak kursi, jadi kami belum bisa ambil toilet tersebut,” tutur pegawai DLH Solo, Paulus Prihatin.

lowongan pekerjaan
PT.Astra International tbk, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Menduniakan Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (28/10). Esai ini karya Vilya Lakstian Catra Mulia, dosen Linguistik di Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah vilyalakstian@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Perkembangan dunia saat…