Harian Jogja edisi hari Kamis (09/11/2017)
Kamis, 9 November 2017 08:55 WIB M100/JIBI/Harian Jogja Peristiwa Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Sederhana, Efek Luar Biasa

Harian Jogja edisi hari Kamis (09/11/2017).

Sederhana, Efek Luar Biasa
SOLO- Pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, Rabu (8/11), berlangsung sederhana untuk ukuran pejabat tertinggi di Indonesia. Meski demikian, imbasnya dalam menggerakkan sektor pariwisata hingga usaha kecil tak bisa diremehkan.

Penghayat Kepercayaan Ingin Perbarui KTP
MAGELANG- Para penghayat kepercayaan mengaku senang dan bersyukur atas keputusan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap nasib mereka. Sesegera mungkin mereka ingin memperbarui kolom agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pohon Tumbang Renggut Nyawa
BANJARNEGARA- Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (8/11) siang, memicu terjadinya bencana.

Secercah Asa dari Antartika
Para ilmuwan mencatat tahun ini lubang ozon di atas Antartika mencapai ukuran terkecil sejak 1988. Sebuah hal baik meski bukan pertanda pemulihan lubang secara pesat.

Jangan Main-Main Dengan Amerika
SEOUL- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan pidato keras dan berapi-api soal Korea Utara (Korut) di depan anggota parlemen Korea Selatan (Korsel), Rabu (8/11).

Rintis Prestasi Bersama
Prestasi di ajang nasional kembali mengukir nama Marching Band Universitas Gajah Mada (MB UGM) di penghujung tahun ini. Akhir Oktober lalu, tepatnya tanggal 28-29 lalu MB UGM mengikuti Kejurnas Hamengkubuwono Cup 2017 dan lolos meraih juara umum di kategori umum.

Vicky Shu Sumbang Lagu
Sejumlah selebritas terlihat menghadiri ijab kabul putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan M. Bobby Afif Nasution di Graha Saba Bhuana, Solo, Rabu (8/11).

Langsung Tancap Gas
ZAGREB- Kroasia pantas mendapatkan julukan Raja Play-off. Bagaimana tidak, tim berjuluk Vatreni ini menoreh rekor sempurna dalam empat kali play-off turnamen besar.

Mancio Mengincar Kursi Ventura
MILAN- Play-off Piala Dunia 2008 kontra Swedia bakal menjadi pertaruhan Gian Piero Ventura di kursi pelatih Italia.

Dibantu Komdis, Bhayangkara FC Juara
BANGKALAN- Bhayangkara FC keluar sebagai kampiun Liga 1 2007. Trofi yang diraih Bhayangkara FC tak hanya ditentukan performa di lapangan, tetapi juga hasil sidang Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

UGM Kekurangan 100 Dosen
SLEMAN- Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini masih kekurangan sekitar 100 tenaga pengajar. Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengakui, rasio dosen dengan mahasiswa di UGM memang belum sepenuhnya ideal. Hanya, rasio tersebut sudah masuk kategori baik sesuai dengan aturan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Perlimpahan Kewenangan Jadi Perdebatan
UMBULHARJO- Perlimpahan kewenangan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti kepada wakilnya Horoe Poerwadi selama cuti menjadi perdebatan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Jogja.

9 Orang Ramaikan Pilkades di Dua Desa
PAKEM- Dua desa bakal miliki pimpinan baru. Hal itu menyusul diterimanya sembilan bakal calon kepala desa (kades) untuk kedua desa tersebut.

Kandang Itik Samas Diisolasi
SANDEN- Dugaan serangan virus Asian Influenza (AI) kian menguat pasca-matinya ratusan itik secara mendadak dan bersamaan di kawasan Pantai Samas, Desa Srigading, Kecamatan Sanden beberapa waktu lalu.

Pedagang Ingin Segera Pindah
WATES- Sejumlah pedagang mengeluhkan turunnya penghasilan mereka selama berjualan di Pasar Darurat Bendungan, Wates. Mereka berharap pembangunan gedung pasar baru bisa cepat selesai agar mereka segera kembali ke tempat lebih strategis sebelumnya.

Penyertaan Modal ke BPD Bisa Jadi Beban
WONOSARI- Penyertaan modal ke BPD DIY senilai Rp201,9 miliar selama depalan tahun secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap porsi belanja langsung yang dimiliki Pemkab Gunungkidul.

Baru 35 PTS Miliki Publikasi Internasional
JOGJA- Hingga saat ini, baru 35 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jogja yang memiliki publikasi Internasional. Bantuan anggaran penelitian terus diberikan hingga ratusan judul untuk memotivasi minat dosen agar meneliti dan menghasilkan karya.

BI Hitung Ulang Prediksi
SURABAYA- Bank Indonesia (BI) melakukan hitung ulang prediksi pertumbuhan ekonomi sepanjang 2017. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi di kuartal III/2017 jauh di luar ekspektasi yakni hanya diangka 5,06%.

Pintu Masuk Belajar di Taiwan Terbuka
JOGJA- Taiwan Education Center (TEC) menjadi jembatan bagi pelajar Indonesia yang ingin belajar di Taiwan, salah satunya untuk bahasa Mandarin. Selama ini, penerima beasiswa ke Taiwan dari Jogja masih terbilang minim.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja di agen terdekat dengan harga Rp3.000.

Anda juga bisa mengakses Harian Jogja melalui gawai dengan mengakses epaper.harianjogja.com.

Selamat membaca. Harian Jogja, Berbudaya, Membangun Kemandirian.

lowongan pekerjaan
GURU MADRASAH, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Menduniakan Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (28/10). Esai ini karya Vilya Lakstian Catra Mulia, dosen Linguistik di Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah vilyalakstian@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Perkembangan dunia saat…