Bahasa Indonesia (foto: liputan6.com) Bahasa Indonesia (foto: liputan6.com)
Kamis, 9 November 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Menduniakan Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (28/10). Esai ini karya Vilya Lakstian Catra Mulia, dosen Linguistik di Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah vilyalakstian@gmail.com.

Solopos.com, SOLO–Perkembangan dunia saat ini meniscayakan semangat untuk melindungi dan mengembangkan bahasa sebagai bagian dari identitas dan kedaulatan bangsa. Arus informasi dan pengaruh berbagai lini menuntut kita untuk demikian.

Aspek sikap juga menjadi hal yang krusial agar tercipta kecintaan, kebanggaan, rasa memiliki, dan bertanggung jawab merawat bahasa sebagai bagian yang melekat pada jati diri kita.

Hal ini mengemuka dalam simposium internasional bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jogja pada 23-24 Agustus lalu.

Terdapat semangat untuk turut menginternasionalkan bahasa Indonesia tidak hanya oleh penuturnya sendiri tetapi juga penutur asing. Sekarang tren kebahasaan telah berkembang. Meskipun bahasa Inggris mendominasi kompetensi kebahasaan yang perlu dikuasai oleh penutur dunia, bahasa-bahasa lain juga mulai berkembang menempatkan diri menjadi bahasa dunia.

Meningkatnya kesadaran terhadap regulasi yang diterapkan suatu negara turut memengaruhi penguatan bahasa di lingkup regional. Graddol (2006: 63) menunjukkan saat ini bahasa Inggris menghadapi tekanan dari peristiwa tersebut. Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing mengalami peningkatan jumlah penutur asing yang cukup pesat.

Selanjutnya adalah: Jumlah kandidat dari luar negeri

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Menduniakan Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (28/10). Esai ini karya Vilya Lakstian Catra Mulia, dosen Linguistik di Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah vilyalakstian@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Perkembangan dunia saat…