Endar Susilawati, staf ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Pemprov DIY memukul gong pembuka Sosialisasi tentang Satgas Saber Pungli, Kamis (9/11/2017) di Ngaglik, Sleman. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja) Endar Susilawati, staf ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Pemprov DIY memukul gong pembuka Sosialisasi tentang Satgas Saber Pungli, Kamis (9/11/2017) di Ngaglik, Sleman. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 9 November 2017 16:40 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Duh..Tiga Lembaga Ini Paling Banyak Diadukan Kasus Pungli

Puluhan ribu aduan pungli disampaikan masyarakat setahun terakhir.

Solopos.com, SLEMAN— Sebanyak 33.100 aduan pungutan liar (pungli) diterima oleh Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (Satgas Saber Pungli) hingga 6 November lalu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi instansi yang paling banyak diadukan oleh masyarakat dalam kurun waktu setahun belakangan terkait pungli.

Asep Kurnia, Ketua Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli mengatakan, jumlah aduan tersebut diterima dalam rentang waktu 28 Oktober 2016 hingga 6 November. “Paling banyak terkait pelayanan masyarakat. Pungli ini kan sifatnya kecil-kecil nyebelin, bikin gemes,” katanya ditemui di sela-sela Sosialisasi Peraturan Presiden No.87/2016 tentang Satgas Saber Pungli, Kamis (9/11/2107).

Selain sektor pendidikan melalui Kemendikbud, masyarakat juga banyak melaporkan dugaan pungli di instansi kepolisian dan kementriaan perhubungan. Ia menguraikan jika pelaporan pungli di sektor pendidikan sendiri isu utamanya didominasi berkaitan dengan komite sekolah. Karena itu, memang diperlukan inisiatif dari masyarakat termasuk pelajar dan mahasiswa untuk aktif melapor jika ada dugaan pungli.

 

lowongan pekerjaan
OPTION EXECUTIVE KTV & BAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Menduniakan Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (28/10). Esai ini karya Vilya Lakstian Catra Mulia, dosen Linguistik di Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah vilyalakstian@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Perkembangan dunia saat…