Jogja
Rabu, 8 November 2017 - 15:20 WIB

Pemkab Gunungkidul Bakal Bangun Museum, Ini Alternatif Konsepnya

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim dari Dinas Kebudayaan DIY melakukan pendokumentasian tiga dimensi untuk mendapatkan gambaran utuh kondisi Gua Braholo, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop beberapa waktu lalu. (Harian Jogja/Irwan A. Syambudi).

Konsep itu tidak mengharuskan suatu bangunan khusus untuk dijadikan sebuah museum

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana bangun museum untuk benda purbakala. Dengan potensi yang ada di Gua Braholo, pembuatan museum terbuka atau site museum bisa menjadi salah satu alternatif.

Advertisement

Kepala Seksi Warisan Budaya Dinas Kebudayaan DIY Ruly Adriadi mengatakan, dengan museum yang terbuka, sejumlah benda-benda temuan tersebut langsung ditampilkan di tempat itu juga. Konsep itu tidak mengharuskan suatu bangunan khusus untuk dijadikan sebuah museum, tapi tinggal menambahkan fasilitas penunjang lainnya.

Namun, hal itu masih dalam proses penjajakan dan kajian. “Kami baru melihat peluang ini pada tahun ini. Jadi, di akhir tahun ini kami coba benar-benar untuk mendokumentasikannya terlebih dahulu. Sehingga, nanti tahun depan bisa tahu bagaimana memposisikan temuan-temuan yang ada di sini [Gua Braholo],” kata Ruly, Selasa (7/11/2017).

Baca juga : Pembangunan Museum Benda Purbakala Gunungkidul Segera Ditindaklanjuti

Advertisement

Sementara itu, peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional Thomas Sutikna menilai perlu adanya fasilitas yang memadai untuk hasil temuan dari Gua Braholo. Terlebih, temuan-temuan tersebut penting dan akan menjadi temuan tingkat nasional, sehingga fasilitas seperti museum purbakala patut untuk dibangun khusus.

“Alangkah baiknya jika dapat dibangun dan dilengkapi fasilitas di Gua Braholo. Dengan begitu keberadaan situs menjadi situs cagar budaya, memiliki nilai pendidikan, dan membawa kesejahteraan untuk masyarakat,” kata arkeolog yang juga menjadi koordinator penelitian di Gua Braholo itu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif