Roberto Mancini (JIBI/Solopos/Reuters/Adam Holt) Roberto Mancini (JIBI/Solopos/Reuters/Adam Holt)
Rabu, 8 November 2017 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

Mancini Intai Posisi Ventura

Roberto Mancini ingin melatih Timnas Italia.

Solopos.com, MILANPlay-off Piala Dunia 2018 kontra Swedia bakal menjadi pertaruhan Gian Piero Ventura di kursi pelatih Italia.

Pelatih berusia 69 tahun tersebut bukanlah figur populer bagi fans Italia sejak menggantikan posisi yang ditinggalkan Antonio Conte setelah Euro 2016 silam. Pendukung tim berjuluk Azzurri semakin kecewa dengan Ventura karena Gianluigi Buffon dkk. harus berjuang di play-off untuk memastikan lolos ke Piala Dunia 2018.

Posisi Ventura pun dipastikan tidak aman jika Italia sampai gagal menyingkirkan Swedia di play-off nanti. Karena gagal lolos ke putaran Piala Dunia bakal menjadi aib besar bagi juara dua empat kali tersebut.

Mantan Pelatih Inter Milan dan Manchester City, Roberto Mancini, mulai mengintai posisi Ventura itu. Pelatih yang akrab disapa Mancio tersebut mengaku siap menukangi Azzurri meskipun masih berstatus sebagai pelatih klub Rusia, Zenit Saint Petersburg.

“Piala Dunia tanpa Italia tidak akan sama. Tim nasional di bawah Ventura dalam tekanan, namun itu normal. Meski saya pikir mereka akan lolos, Swedia tetap tim yang berat, tapi Azzurri punya modal untuk melewatinya,” kata Mancini, seperti dilansir Football-italia.net, Rabu (8/11/2017).

“Apakah saya siap melatih Italia? Setiap pelatih berdarah Italia memimpikan itu, bagiku itu akan jadi kehormatan dan kebanggaan,” sambungnya.

Ventura beberapa kali dikritik karena pemilihan taktik. Ia kerap memakai formasi 4-2-4 ketimbang strategi 3-5-2 yang sebelumnya sudah nyetel dipakai Daniele De Rossi dkk. pada era Conte. Ventura mengubah skema tiga bek yang identik dengan trio BBC, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini dengan formasi empat bek.

Namun, Azzurri digadang-gadang akan kembali ke pakem 3-5-2 ketika menghadapi Swedia pada leg pertama play-off di Friends Arena, Solna, Swedia, Sabtu (11/11/2017) pukul 02.45 WIB. “Kembali ke formasi 3-5-2? Saya pikir Ventura belum memutuskan skema apa yang akan kami pakai, karena kami baru bergabung dalam sehari,” tutur kapten Azzurri, Gianluigi Buffon, kepada Rai Sport.

“Dia masih ingin memantau kondisi per pemain. Setelah itu, dia baru bisa menentukan formasi terbaik untuk kami.”

lowongan pekerjaan
CV SENTRA CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…